Lima Event Keren di Kota Solo Saat Lebaran 2019

Berlebaran tentu tidak hanya sekadar bersilaturahim dengan keluarga tercinta. Ada banyak aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan, selagi masih liburan.

1,444 views
0

Wartawisata.id – Berlebaran tentu tidak hanya sekadar bersilaturahim dengan keluarga tercinta. Ada banyak aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan, selagi masih liburan. Berkunjung ke Kota Solo, Jawa Tengah, saat momen lebaran 2019 merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak agenda di “Kota Bengawan” ini yang khusus diselenggarakan untuk membuat momen Idul Fitri semakin berkesan.

Ini dia 5 acara seru di Kota Solo selama momen lebaran 2019:

1. Pasar Rakyat Surakarta

Buat kamu yang tidak sempat merasakan momen Sekaten, maka acara serupa kembali diadakan di Alun-alun Selatan Keraton Surakarta Hadiningrat. Acara bertajuk Pasar Rakyat Surakarta ini telah digelar sejak 17 Mei 2019 dan akan berlangsung sampai 16 Juni 2019. Pasar Malam Sekaten di Yogyakarta(Tribun Jogja) Hampir sama seperti momen Sekaten, ada banyak wahana permainan yang bisa dijajal di pasar malam ini, seperti bianglala sampai kapal kora-kora. Selain itu, kamu juga bisa membeli aneka pernak-pernik hingga sajian kuliner di sana.

2. Sendratari Ramayana di Benteng Vastenburg

Pertunjukan Sendratari Ramayana memang secara rutin diselenggarakan di Taman Balekambang, Kota Solo pada malam bulan purnama setiap bulan. Namun pada momen lebaran 2019 ini, ada pertunjukan Sendratari Ramayana yang spesial. Pertunjukan Sendratari Ramayana di Benteng Vastenburg, Kota Solo.(Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya) Bertempat di Panggung Terbuka Benteng Vastenburg, pertunjukan Sendratari Ramayana yang mengambil bagian adegan Shinta Obong akan digelar selama tiga hari berturut-turut, yakni mulai tanggal 7 sampai 9 Juni 2019. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk bisa menikmati pertunjukan tersebut alias gratis. Langsung saja datang ke venue pertunjukan. Open gate akan dimulai pukul 17.00 WIB.

3. Bakdan ning Ngarsopuro

Gelaran pasar malam ternyata tidak hanya bisa ditemukan di Alun-alun Selatan Keraton Surakarta Hadiningrat saja. Pasar malam juga diadakan di Pasar Ngarsopuro yang berada di depan Istana Mangkunegaran. Bertajuk Bakdan ning Ngarsopuro atau Lebaran di Ngarsopuro, pasar malam ini akan digelar setiap hari mulai sejak 1 Juni sampai 8 Juni 2019 pukul 18.00-22.00 WIB. Pasar malam ini tentu akan semakin mewarnai suasana malam di Kota Solo saat momen lebaran. Selain terdapat aneka barang dagangan yang bisa dibeli untuk oleh-oleh, pasar malam ini juga semakin lengkap dengan live music dan zona selfie.

4. Pekan Syawalan Jurug Solo Zoo

Bagi kamu yang masih bingung akan ke mana saat momen libur lebaran di Solo, maka berkunjung ke Taman Satwa Taru Jurug merupakan alternatif yang tepat.  Ada banyak acara di sana pada momen lebaran 2019 ini. Agenda Kota Solo Selama Momen Lebaran 2019(Dinas Pariwisata Surakarta) Bertajuk Pekan Syawalan, acara akan berlangsung dari pagi hingga petang sejak tanggal 5 Juni sampai 9 Juni 2019. Puncak acara ini adalah Kirab Joko Tingkir, Sendratari Kolosal Joko Tingkir, dan Pesta Ketupat yang akan digelar pada 9 Juni 2019 pukul 10.00 WIB.

5. Bakdan ning Balekambang

Taman Balekambang merupakan tempat rekreasi favorit masyarakat Kota Solo bersama keluarga. Guna semakin memeriahkan momen lebaran, akan digelar acara Bakdan ning Balekambang. Acara yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia “Lebaran di Balekambang” ini akan digelar mulai tanggal 4 sampai 9 Juni 2019 pukul 08.00-17.30 WIB. Berbagai acara akan memeriahkan Bakdan neng Balekambang, seperti stan kuliner, pentas seni, dan permainan tradisional.

Komentar kamu?