Mudik Aman, Nyaman dan Selamat, Keselamatan dan Rest Area Menjadi Fokus Utama

“Saya sangat mengapresiasi bahwa semua tim bekerja dengan padu dan memberikan suatu kinerja yang baik. Kita memang sudah merencanakan sejak lama dan selanjutnya kita memberikan amanah komando ini kepada Korlantas dan Kapolda, dalam kesempatan ini beberapa kegiatan sudah teruji dengan baik,”

217 views
0

WartaWisata.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan perhatian khusus pada keselamatan dan pengoptimalan rest area saat Angkutan Lebaran 1440 H/2019. Hal tersebut disampaikan dalam kunjungan ke Pospam Cikopo, Jawa Barat, Jumat (31/5).

“Beberapa hari ini memang rest area ini belum bisa kita kendalikan secara penuh, nah oleh karenanya management rest area melakukan kombinasi dan mengajurkan kepada mereka (pemudik) untuk mampir ke kota-kota yang ada di sepanjang Utara seyogya itu cara yang baik,” ujar Menhub.

Menhub Budi juga memperhatikan perihal keselamatan, ada tiga point yang ditekankan oleh Menhub Budi terkait keselamatan. Pertama ialah batas minimum dan maksimal kecepatan berkendara. Pasalnya menurut Menhub, jalan tol yang bagus dapat mempengaruhi pengendara untuk melaju lebih dari batas maksimal yaitu 100 km/jam.

“Sekali lagi saya tidak hentinya menyampaikan hal berkaitan dengan keselamatan. Kita tahu bahwa dengan jalan tol yang sedemikan mulus, bagus kadar kecenderungan tentu memacu kecepatan di atas 100 km/jam nah oleh karenanya saya meminta kepada teman-teman di fungsi operasional untuk memberikan pengawasan apa yang terjadi,” ungkapnya.

Kedua, imbauan kepada pemudik yang menggunakan motor untuk menunda atau tidak melakukan hal tersebut. Menhub mengatakan perihal masih masifnya mudik menggunakan motor khususnya di jalur Pantura.

“Kedua, tentang masih masifnya mudik motor yang terjadi di mana ada di jalur-jalur Pantura kita memang sudah menyampaikan untuk menghindari atau menunda menggunakan motor tapi masih tetap ada, nah oleh karenanya kita seyogyanya memberikan suatu pelayanan yang baik memberikan tempat istirahat, membatasi kecepatan dan hal-hal yang bagaimana menghindari kecelakaan karena jumlah yang begitu masif,” ucapnya.

Ketiga, perihal ramp check, Menhub mengimbau kepada seluruh stakeholder terkait untuk jangan lupa melakukan ramp check. Selain itu Menhub meminta tolong untuk melakukan pengawasan saat libur lebaran di tempat-tempat rekreasi (wisata).

“Sekali lagi saya sampaikan berkali-kali tentang ramp check, saya sampaikan semua Kapolda Jabar, Jateng, Jatim, Banten dan Lampung selanjutnya nanti pada saat liburan lebaran dimana mereka akan berekreasi, kami minta tolong lakukan pengawasan dan ini sangat penting bagi Kapolres dan Dishub, terangnya.

Menhub Budi juga menyampaikan apresiasinya terhadap kerjasama yang baik dengan stakeholder terkait seperti Kemenkes, TNI dan Polri. Dirinya mengatakan semua dapat berjalan dengan sesuai rencana, meski ada masalah tapi bisa diselesaikan dengan cepat.

“Saya sangat mengapresiasi bahwa semua tim bekerja dengan padu dan memberikan suatu kinerja yang baik. Kita memang sudah merencanakan sejak lama dan selanjutnya kita memberikan amanah komando ini kepada Korlantas dan Kapolda, dalam kesempatan ini beberapa kegiatan sudah teruji dengan baik,” jelasnya.

Hal tersebut serupa dengan pernyataan Kapolri Tito Karnavian yang mengatakan semua laporan yang diterima hingga saat ini dalam kondisi aman terkendali.

“Laporan yang diterima oleh petugas, dari semua lini sampai hari ini memang ada terjadi peningkatan tapi semua dalam kondisi terkendali relatif lancar belum ada kejadian yang signifikan,” tandasnya.

Dalam acara tersebut dihadiri pula, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi.

Komentar kamu?