Jembatan Gantung Situ Gunung, Wisata Populer di Sukabumi

Jembatan gantung ini memiliki panjang 243 meter dengan lebar 18 meter dan berada di ketinggian jurang mencapai 161 meter. Banyak pengunjung yang dibuat penasaran dengan tempat ini.

638 views
0

WartaWisata.ID Bagi kalian yang belum pernah menaiki jembatan gantung, sekarang di Sukabumi memiliki jembatan gantung terpanjang se Asia Tenggara yaitu Jembatan Gantung Situ Gunung.

Jembatan gantung ini memiliki panjang 243 meter dengan lebar 18 meter dan berada di ketinggian jurang mencapai 161 meter. Banyak pengunjung yang dibuat penasaran dengan tempat ini.

Ketika sedang menyebrang, tak hanya memacu adrenalin saja, para pengunjung juga dimanjakan dengan adanya pemandangan pepohonan rindang dengan udara yang sejuk.

Kayu yang digunakan untuk membangun jembatan ini tidak sembarangan. Pihak swasta dan Kementrian Lingkungan Hidup bekerjasama untuk memilih menggunakan kayu ulin yang langsung dikirim dari Provinsi Papua.

Bukan tanpa alasan, ulin atau kayu besi dipilih karena tahan terhadap perubahan suhu, kelembapan, tidak mudah dimakan rayap, dan sifat yang sangat berat serta keras. Selain kayu pemilihan kayu, agar jembatan lebih kokoh mereka menggunakan 5 jumlah sling.

Sesuai dengan standar kapasitas yang telah ditetapkan, untuk satu kali lewat hanya mampu menampung sebanyak 40 hingga 50 orang sekaligus. Di sana terdapat para petugas yang siap untuk mendampingi dan mengatur para wisatawan yang datang.

Harga tiket melewati jembatan yang dikelola PT Fontis Aqua Vivam dan KLHK ini dipatok sebesar Rp 50.000. Tiket tersebut sudah termasuk biaya masuk ke Curug Sawer, serta minuman dan camilan welcome drink yang tersedia di paviliun sebelum memasuki pintu masuk jembatan.

Ada juga spot untuk foto yang instagramble di depan cafe yang lokasinya berupa jembatan kayu yang menjorok di atas hutan lebat dan menimbulkan dari kejauhan view hujan lebat, terlihat gunung dan birunya langit.

Komentar kamu?