Replika Istana Kesultanan Indragiri, Ikon Wisata Sejarah Melayu Riau

Saat ini, Replika Istana Kesultanan Indragiri sudah menjadi ikondan destinasi Wisata Sejarah di Indragiri Hulu dan Provinsi Riau. Pelancong dapat menikmati Perjalanan Sejarah Kerajaan Melayu.

122 views
0

WartaWisata.ID – Replika Istana Kesultanan Indragiri didirikan untuk melestarikan nilai-nilai budaya Melayu juga bisa dijadikan ikon wisata di Indragiri Hulu dan Provinsi Riau.

Di istana tersebut akan disimpan berbagai benda yang berkaitan dengan budaya Melayu serta pusaka peninggalan Kerajaan Indragiri. Istana Indragiri yang asli sebelumnya telah roboh pada 1964 karena terkena abrasi Sungai Indragiri. Sementara lokasi replika terletak sekitar 100 meter dari lokasi istana yang asli.

Gagasannya membangun kembali Istana Indragiri dicetuskan oleh Thamsir Rachman ketika ia dinobatkan menjadi Raja Muda Indragiri pada 31 September 2001 dan sejak itu ia telah bertekad membangun istana yang pernah menjadi kebanggaan masyarakat Indragiri.

Pembangunan replika istana yang terletak di kota Rengat itu dikerjakan sejak 2004 dan peresmian dilakukan pada 10 Februari 2008 lalu.

Sejarah Cikal-bakal berdirinya Kesultanan Indragiri tidak bisa dipisahkan dari keberadaan Kerajaan Keritang. Nama Keritang diperkirakan berasal dari istilah “akar itang” yang diucapkan dengan lafal “keritang”. Sementara Itang adalah sejenis tumbuh-tumbuhan yang banyak terdapat di sepanjang anak Sungai Gangsal bagian hulu yang menjalar di sepanjang tebing-tebing sungai. Sungai Gangsal mengaliri wilayah Kota Baru, ibu kota Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Selain pemaknaan di atas, ada pula yang menyebut bahwa nama Keritang identik dengan istilah “Kitang”, yaitu sejenis siput yang berhabitat di hulu Sungai Gangsal (Ahmad Yusuf & Umar Amin, et.al., 1994:19).

Saat ini, Replika Istana Kesultanan Indragiri sudah menjadi ikondan destinasi Wisata Sejarah di Indragiri Hulu dan Provinsi Riau. Pelancong dapat menikmati Perjalanan Sejarah Kerajaan Melayu.

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Indragiri Hulu. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat weekday, harga tiket masuk Replika Istana Kerajaan Indragiri adalah Rp15,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Replika Istana Kerajaan Indragiri adalah Rp15,000.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

Komentar kamu?