5 Destinasi Wisata Keluarga di Klaten

Moment mudik umumnya selalu digunakan para perantau untuk menikmati masa liburan di kampung halamannya. Salah satu daerah tujuan para pemudik berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Berada di garis alam strategis, Klaten memiliki banyak destinasi wisata, baik wisata air dan sejarah.

406 views

Wartawisata.id – Moment mudik umumnya selalu digunakan para perantau untuk menikmati masa liburan di kampung halamannya. Salah satu daerah tujuan para pemudik berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Berada di garis alam strategis, Klaten memiliki banyak destinasi wisata, baik wisata air dan sejarah.

Jika kamu hendak mudik ke Klaten, pastikan untuk merencanakan liburan seru di berbagai tempat menarik.

Warung Apung Rowo Jombor

Warung apung rowo Jombor merupakan tempat wisata kuliner di Klaten yang wajib dikunjungi. Di tempat ini menyajikan aneka makanan dengan bahan dasar ikan tawar khas Klaten. Lokasi pusat kuliner ini juga sangat nyaman dengan atmosfer Alam pedesaan yang asri.

Lokasinya ada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten, atau berjarak sekitar 6 – 8 km dari kota Klaten. Untuk mencapai lokasinya, ada dua rute yang dapat dilalui yaitu lewat jalur barat dan juga lewat jalur timur.  Rute lewat jalur barat: Kota Klaten – pertigaan Bendogantungan Desa Sumberejo, belok kiri / ke arah selatan – Desa Danguran – Desa Glodogan – Desa Jimbung – Rowo Jombor.

Wisata River Boarding Kali Pusur Klaten

Kamu pecinta river boarding? Di Klaten, tepatnya di Kali Pusur tidak jauh dari wisata air Cokro Tulung, kamu bisa menikmati wahana River Boarding. Jarak yang akan ditempuh kurang lebih 10 km dengan melintasi 3 desa di Kecamatan Tulung dan Polanharjo. Uniknya di sungai ini, arusnya berbeda-beda, kadang arusnya deras, jeram dan pelan. Selama bermain disini, anda akan ditemani dengan 2 orang operator. Untuk biayanya, wisatawan harus membayar Rp 150 ribu per orang. Bagaimana? tertarik mencoba sensasi bermain air disini?

Obyek Wisata Air Lepen Kencana

Wahana bermain yang cocok untuk anak-anak dan keluarga adalah Lepen Kencono, Wisata air ini menjadi salah satu destinasi bermain untuk keluarga, airnya yang jernih membuat wahana ini banyak dikunjungi oleh keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama.

Umbul Kapilaler

Obyek wisata air di Klaten selanjutnya adalah Umbul Kapilaler. Lokasinya di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo. Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya.  Tempatnya yang rindang membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini. Tidak dipunggut biaya khusus untuk menikmati umbul ini alias gratis. Hanya saja waktu sore dan pagi hari umbul ini digunakan masyarakat setempat untuk mandi

Umbul Ponggok Sidomukti

Berkunjung ke Klaten tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke wahana wisata air yang pernah viral ini. Wahana bermain air ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Wisata Air Umbul Ponggok sangat unik dan menarik. Bagi wisatawan yang suka snorkling, maka Umbul Ponggok merupakan tempat wisata di Klaten yang harus dikunjungi. Uniknya kamu bisa menyelam, bermain dengan ikan, bisa “nonton TV” di bawah air, ‘mengendarai motor’, Sholat dan lain sebagainya.

Dengan luas sekitar 6.000 meter persegi dan kedalaman 1 – 3 meter serta bagian dasarnya pasir, membuat kolam ini seru untuk bermain air. Kegiatan snorkeling sambil melihat ikan berwarna-warni disini menjadi kegiatan favorit. Untuk tiket masuk hanya dikenakan restribusi sebesar Rp 5 ribu (bisa berubah sewaktu-waktu).

Komentar kamu?