10 Pesona Wisata Bahari di Batam, Kepulauan Riau

Batam merupakan kota besar  di Kepulauan Riau. Berjuluk  Kota industri ini,hiruk-pikuk khas kota besar begitu terasa di sini

1,785 views
0

Wartawisata.id – Batam merupakan kota besar  di Kepulauan Riau. Berjuluk  Kota industri ini,hiruk-pikuk khas kota besar begitu terasa di sini. Sebab, Batam adalah persimpangan untuk perdagangan antar Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Batam juga menyimpan pesona wisata yang besar. Wisata bahari pun lainnya, semua lengkap tersedia.

Barelang Bridge

Pic Pesona Travel
Pic Pesona Travel

Jika berlibur ke Batam, jangan lupa berkunjung ke Jembatan Barelang. Jembatan ini merupakan ikon kebanggan Batam . Nama Barelang adalah akronim dari nama tiga pulau besar yaitu Batam, Rempang dan Galang. Selain itu, ada tiga pulau lainnya yang juga dihubungkan oleh jembatan Barelang yakni Pulau Tonton, Pulau Nipah, dan Pulau Galang Baru. Diprakarsai oleh BJ Habibie, konstruksi jembatan ini dibuat sedemikian rupa dengan cable-stayed bridge yang terlihat unik. Mirip Golden Gate yang ada di San Fransisco, Califormia, Amerika Serikat, dalam ukuran mini.

Ranoh Island

Pic Phenemo

Berada di gugusan pulau-pulau di Batam, Pulau Ranoh begitu menawan hati. Hamparan pasir putih dan deretan pohon kelapa menjulang tinggi, akan membuatmu jatuh hati. Pulau pribadi ini akan memberikanmu ketenangan tiada tara. Berkunjung kesana, kamu dapat menikmati berbagai fasilitas dan water sport yang di lengkapi dengan penginapan Backpaker dan Glamping (penginapan tenda) yang memiliki kapasitas terbatas.

Mubud Island

Pic Travellingyuk

Pulau Mubud bisa dimasukkan dalam daftar kunjungan terutama bagi traveler yang mendambakan suasana tenang dan lingkungan yang alami. Pulau ini memang tidak berpenghuni sehingga kondisinya masih alami dengan suasana sepi. Untuk diketahui bahwa Pulau Mubud berada di sebelah timur Pulau Rempang. Menuju ke pulau ini bisa dilakukan menggunakan speedboat dari Desa Sembulang. Pasir pantainya yang sangat bersih dan putih bersinar saat terpapar teriknya matahari. Lautnya begitu jernih seperti kristal. Dari desa Sembulang, membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyeberang.

Palm Spring Golf

Pic lapangangolf.blogspot.com

Batam dikenal sebagai surganya penyuka olaharaga golf. Salah satunya adalah Palm Spring Folf.  Disini menjadi salah satu lapangan favorit para golfer. Lapangan tersebut memiliki 27 lubang yang dirancang oleh Larry Nelson dan IMG dan berskala internasional. Belum lagi hamparan laut menjadikan yang menjadi latar belakangnya dan fitur alami seperti pohon-pohon palem dan vegetasi mangrove. Banyak sekali pemain golf mancanegara yang datang bermain disini.

Tempat golf yang dikembangkan oleh Sinarmas Land ini terletak di Nongsa dengan pemandangan aduhai dengan latar pantai dan gedung pencakar langit Singapura. Untuk mencapai ke tempat ini memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota dengan kendaraan pribadi.

Nuvasa Bay

Pic Nuvasa Bay Master Batam

Seaforest Nuvasa Bay adalah wahana berlibur dan bermain yang sangat cocok untuk keluarga. Berada di Nongsa Batam, tempat wisata ini merupakan hasil sulapan dari pantai menjadi tempat wisata kekinian lengkap dengan fasilitas bermain.

Seaforest Nuvasa Bay menyediakan 2 pilihan Land Adventure bagi yang hanya ingin berpetualang di darat dan Water Adventure bagi yang ingin bermain di pantai dengan bermain seasport. Aktifitas laut yang patut Anda coba diantaranya Aqua Track Adventures Pertama dan satu-satunya di Batam. Lalu ada Jetski Cruise, Banana Boat & Kayak single or Double.

Nagoya Hill Mall

Pic Tribunnews

Belum ke Batam kalau belum ke Nagoya. Begitu lah kira kira moto para wisatawan saat plesir ke Batam. Nagoya Hill Mall Batam adalah pusat perbelanjaan terbesar dan paling banyak dikunjungi, lengkap dengan harga yang relatif murah. Nama Nagoya Hill diambil dari pusat kota di Nagoya, Batam, wilayah yang juga dikenal sebagai Lubuk Baja. Nagoya Hill dapat dicapai dari Bandara Internasional Hang Nadim sekitar 45 menit dengan taksi atau angkutan umum lainnya.

Pengunjung dari luar daerah biasanya datang untuk mencari ponsel, karena di sini barang elektronik terkenal lengkap yang mungkin tidak dijumpai di daerah asalnya. Karena Batam sangat dekat dengan Singapura, barang di Nagoya Hill tidak jauh berbeda dari mall di Singapura dan tentu saja dengan harga yang lebih murah.

Vio Vio Beach

Pic Google

Panta Vio Vio merupakan wisata baru yang patut dikunjungi. Pantai dengan nama unik ini terletak di Pulau Galang. Jika Anda membutuhkan ketenangan dan mencari sebuah tempat wisata asyik yang jauh dari keramaian kota, maka berwisata ke Pantai Vio Vio bisa menjadi solusinya. Saat sunset tiba, inilah moment yang paling bagus. Sambil duduk diayunan di tepi pantai, hasil fotonya tak kalah bagus seperti berfoto di gili trawangan.

Untuk menuju kesini, bisa melewati jembatan 5 Barelang. Lokasinya tidak jauh dari jembatan tersebut. Ikuti saja arah papan penunjuk jalannya. Akses jalan menuju Pantai Vio Vio masih berupa tanah yang berkelok-kelok dan naik turun. Jadi, hati-hati ya untuk para traveler.

Jabal Arafah Mosque

Pic Lindamarta.com

Mesjid Jabal Arafah Batam merupakan masjid unik yang terletak di Pusat Bisnis Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau. Bagi yang menginginkan wisata religi dapat mengunjungi Mesjid Jabal Arafah ini. Uniknya, dari atas menara traveler dapat melihat salah satu sisi kota Batam dari ketinggian. Mengintip Singapura dengan gedung-gedung tingginya juga bisa dari menara itu.

Kepri Coral

Pic Anugerah Batam Travel

Kepri Coral adalah sebuah destinasi baru di Batam. Suguhan kolam renang dan pemandangan akuarium bawah lautnya yang begitu menakjubkan. Traveler bisa melihat bawah laut pulau Pengalap dari dalam akuarium besar di sana. Ini adalah destinasi yang berbeda dan Kepri Coral merupakan yang pertama mengembangkannya di Batam Kepulauan Riau.

Welcome to Batam Monument

Pic cocotourisindonesia.com

Welcome to Batam adalah ucapan selamat datang untuk para pendatang yang tiba di Batam. Tulisan ini menghadap  ke arah terminal Ferry Internasional. Sehingga wistawan mancanegara yang berkunjung ke Batam langsung disambut dengan tulisan ini.

Bukit ini menjadi ikon di Pulau Batam  dan sebagai daya tarik untuk menarik wisatawan. Dengan tulisan yang begitu besar, landmark ikonik ini seperti berada di Hollywood. Dari Masjid Agung, traveler  dapat melihat langsung tulisan ini sama seperti saat wisatawan masuk dan keluar dari terminal Ferri Inernasioal.

Komentar kamu?