Kampung Toga Sumedang, Destinasi Lengkap yang Menyajikan Kenyamanan

Kampung Toga berada di atas perbukitan, membuat tempat ini juga memiliki jangkauan pemandangan yang luas dan wisatawan dapat melihat hamparan pesawahan, sungai, dan perkebunan dengan panorama alam pedesaan yang masih sejuk dan asri.

2,500 views
0

WartaWisata.ID – Kampung Toga di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan. Kampung Toga memadukan pariwisata alam dengan pemandangan indah. Ciri khas kawasan wisata ini berupa banyaknya tanaman obat (apotik hidup) yang mampu menambah wawasan Anda dan keluarga.

Jika mendengar nama Sumedang, pasti yang langsung terbersit di benak Anda adalah Tahu-nya yang memiliki rasa yang khas dan bisa Anda beli di penjual keliling. Selain Tahu, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat tersebut juga memiliki segudang objek wisata yang patut Anda kunjungi, salah satunya adalah Kampung Toga.

Kampung Toga berada di atas perbukitan, membuat tempat ini juga memiliki jangkauan pemandangan yang luas dan wisatawan dapat melihat hamparan pesawahan, sungai, dan perkebunan dengan panorama alam pedesaan yang masih sejuk dan asri.

Kampung Toga memang terdiri atas beberapa bukit yang tidak begitu tinggi. Struktur antara bukit dan kaki sangat memanjakan bagi mereka yang senang melakukan paralayang. Jika senja dan malam hari, panorama di tempat ini sangat menawan. Sepanjang mata memandang, terhampar persawahan, perbukitan, Gunung Tampomas, hingga kawasan perkotaan. Tinggal memilih dari sudut mana keindahannya ingin dipandang.

Kampung Toga Sumedang juga memiliki fasilitas outbound, antara lain olahraga dirgantara paralayang dan gantole. Sekadar informasi, selain terkenal dengan keindahan alamnya, tempat ini juga sering dijadikan lokasi atau venue untuk event olahraga paralayang, seperti dalam ajang PON XIX kemarin. Berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan air laut, Bukit Kampung Toga juga biasa digunakan para pilot gantole untuk berlatih dan menambah jam terbang.

Untuk menikmati paralayang atau gantole, wisatawan perlu menyewa jasa dan instruktur terlatih yang telah tersedia. Namun, tidak setiap saat penyedia jasa paralayang dan gantole tersedia. Semuanya tergantung cuaca, angin, dan kondisi alam pendaratan. Pasalnya, angin yang tidak tepat justru akan membuat pendaratan di persawahan warga.

Komentar kamu?