Ini Destinasi Wisata Religi saat Waisak, Selain Candi Borobudur

Perayaan Waisak atau hari suci agama Buddha di Indonesia, biasanya dipusatkan di Candi Borobudur. Terdapat beragam prosesi unik yang diselenggarakan saat Hari Raya Waisak, mulai dari pengambilan air berkat, ritual pemberian dana makakan pada biksu dan detik-detik puncak bulan purnama

536 views
0

Wartawisata.id – Perayaan Waisak atau hari suci agama Buddha di Indonesia, biasanya dipusatkan di Candi Borobudur. Terdapat beragam prosesi unik yang diselenggarakan saat Hari Raya Waisak, mulai dari pengambilan air berkat, ritual pemberian dana makakan pada biksu dan detik-detik puncak bulan purnama.

Bahkan, acara pelepasan ribuan lampion di Candi Borobudur kini menjadi destinasi populer, bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Namun selain di Candi Borobudur, masih terdapat sejumlah destinasi wisata lainnya di Indonesia yang melakukan prosesi unik saat Hari Raya Waisak. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata saat libur Waisak yang bisa dikunjungi.

Pagoda Pulau Kemaro, Palembang

Pagoda Pulau Kemaro merupakan salah satu ikon utama dari Pulau Kemaro yang dikenal sebagai destinasi wisata sejarah dan tempat ibadah. Di Pagoda yang terdiri dari sembilan lantai tersebut, pengunjung dapat meyaksikan keindahan Pulau Kemaro yang dikelilingi oleh Sungai Musi.

Di kawasan ini juga tersapat klenteng yang biasanya digunakan untuk tempat ibadah masyarakat Tionghoa. Lokasi Pagoda Pulau Kemaro tidak jauh dari pusat Kota Palembang, yakni hanya berjarak sekitar 10 km. Pulau Kemaro bisa dicapai dengan perahu yang bisa disewa dari dermaga Jembatan Ampera.

Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang

Vihara Buddhagaya Watugong merupakan salah satu destinasi wisata ikonik yang memiliki arsitektur kental dengan etnik Tiongkok dan Thailand. Menurut sejarah, vihara Buddhagaya Watugong yang didirikan pada tahun 1957 tersebut merupakan vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit.

Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong seluas 2,25 hektar terdiri dari 2 bangunan utama, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala. Lokasi Pagoda Avalokitesvara terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Watugong, Semarang atau tepat di depan Markas Kodam IV Diponegoro.

Candi Muaro Jambi, Jambi

Perayaan Waisak di Sumatera dipusatkan di Candi Muaro Jambi. Saat perayaan Waisak, tempat ini akan dipenuhi sekitar 1000 biksu yang datang dari berbagai wilayah di Sumatera. Puncak acara waisak akan diisi dengan festival pelepasan lampion sebanyak 1.000 (seribu) buah. Tak hanya itu, juga akan diadakan Festival Candi Muaro Jambi yang menampilkan pertunjukan seni dan budaya khas Jambi, kompetisi sastra tradisional, berbagai pameran dan bazar kuliner.

Vihara Dharma Bakti, Jakarta

Setiap perayaan Waisak, mayoritas umat Buddha di Jakarta mengunjungi Vihara Dharma Bakti untuk melakukan ibadah. Vihara ini berlokasi di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Selain mengunjungi vihara, wisatawan juga bisa jalan-jalan ke kawasan Glodok untuk mencicipi aneka kuliner khas hari raya Waisak.

Komentar kamu?