Sudah Pernah ke Karimun? Datangi 10 Destinasi Terpopulernya

Karimun menawarkan   beragam destinasi wisata yang tak kalah indah dengan daerah yang ada di Kepri lainnya. Mulai dari pantai, pulau-pulau, bangunan bersejarah, hingga wisata alam akan membuat kamu  berdecak kagum. Jika berencana berkunjung ke Karimun, destinasi dibawah ini bisa menjadi pilihan tujuan untuk bersantai bersama keluarga, teman ataupun pasangan.

1.082 views
0

Wartawisata.id – Kepulauan Riau memiliki 2 kota dan 5 Kabupaten. Salah satunya yakni Kabupaten Karimun yang berbatasan langsung dengan Selat Melaka, persisnya di Tenggara Singapura.

Karimun menawarkan   beragam destinasi wisata yang tak kalah indah dengan daerah yang ada di Kepri lainnya. Mulai dari pantai, pulau-pulau, bangunan bersejarah, hingga wisata alam akan membuat kamu  berdecak kagum. Jika berencana berkunjung ke Karimun, destinasi dibawah ini bisa menjadi pilihan tujuan untuk bersantai bersama keluarga, teman ataupun pasangan.

Batu Limau

(Photo By : Istimewa)

Batu limau di Desa Batu Limau, Kecamatan Ungar, Kab. Karimun. mempunyai kisah yang melegenda di masyarakat Karimun. Nama Limau diberikan pada batu ini karena bentuknya yang mirip dengan limau atau jeruk. Tidak hanya itu, juga terdapat 8 batu lain yang bentuknya serba unik dan aneh,. Nama yang diberikan sesuai dengan bentuknya. Ada batu lesung, batu pengantin, batu bilik, batu kapal, batu sendok dan batu panci. Anehnya lagi, bebatuan tersebut ada yang menyerupai kelamin perempuan dan laki-laki. Unik bukan?

Pantai Gading

(Photo By: Kundur)

Panorama Pantai Gading dihiasi batu granit, hamparan pasir putih dengan konturnya yang landai dijamin bikin takjub. Menuju k esini, kamu harus mendaki bukit berbatu sekitar 100 meter. Istimewany, Pantai Gading ini berdekatan dengan Kampung Tanjung Sari yang sejak lama terkenal sebagai sentra buah-buahan, seperti rambutan, cempedak, manggis dan durian.  Jika musim buah tiba, menikmati keindahan pantai sembari mencicipi buah adalah kenikmatan yang tiada tara.

Tidak jauh dari pantai, kunjungi juga tangga ajaib yang konon katanya jumlah anak tangga bisa berubah-ubah. Saat naik berjumlah 60 dan pada saat turun bisa melebihi 60 bahkan kurang dari itu. Penasarankan? Yuk ke Pantai Gading.

Pantai Pelawan

(Photo By: Istimewa)

Seperti pantai-pantai lainnya di Karimun, Pantai Pelawan begitu diminati para pelancong baik dari dalam daerah maupun mancanegara. Pemandangannya memang elok. Tak jauh dari bibir pantai terdapat dua pulau kecil yang berbatu. Satu diantaranya ditumbuhi hutan bakau yang lebat. Selain bisa bermain air di pesisir pantai, bagi yang datang bersama keluarga dapat duduk santai di gazebo-gazebo kayu beratapkan daun sagu. Bagi yang ingin berlama-lama menikmati pantai dan bermalam disana, juga bisa menginap di pondok penginapan. Pantai ini terletak di Desa Pangke, Kecamatan Meral.

Pantai Pongkar

(Photo By: Istimewa)

Suasana nyaman dan tenang bisa kamu dapatkan di Pantai Pongkar. Berada di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, pantai ini terbilang cukup aman untuk berenang. Itu karenakan dihadapan pantai, ada dua pulau yakni Pulau Karimun Anak dan Takong hiu yang menetralisir gelombang. Jika musim ombak ganas tiba dari Selat Melaka,   pantai pongkar tetap tenang. Pengunjung tidak perlu takut untuk berada di tepian pantai. Ombak tetap ada, namun tidak terlalu besar.

Air Terjun Pongkar

(Photo By: wisatago)

Tidak jauh dari Pantai Pongkar terdapat Air Terjun Pongkar. Air terjun ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan fauna yang beragam. Ada monyet-monyet yang berkeliaran bebas.

Air Terjun Pongkar memiliki tebing yang tidak terlalu tinggi. Terdapat 2 kolam di yang biasa dimanfaatkan wisatawan untuk mandi. Selain bernama Air Terjun Pongkar, warga setempat ada juga yang menyebutnya dengan sebutan air terjun Gunung Jantan. Karena destinasi ini terletak di Desa Pongkar dan Gunung Jantan.

Coastal Area

(Photo By: Eka Perdana Putra)

Tidak lengkap rasanya jika ke Karimun, tidak mampir ke Coastal Area. Lokasi ini merupakan tempat terfavorit bagi pendatang maupun masyarakat setempat. Coastal Area adalah lokasi terbaik untuk melihat pemandangan dan menikmati pesona Karimun. Di ujung Coastal terdapat jembatan kuning. Dari sini, Anda dapat melihat keindahan Gunung Jantan dan panorama pantai secara keseluruhan. Letaknya tidak jauh dari pelabuhan Internasional Karimun.

Pantai Tanjung Ambat

(Photo By: Istimewa)

Tak sering dikunjungi, Pantai Tanjun Ambat masih terjaga kealamiannya. Lokasinya di Kampung Teluk Dalam, Lubuk Puding, Kecamatan Buru. Pantai Tanjung Ambat memiliki garis pantai yang landai memanjang sejauh kurang lebih 2 kilometer. Dengan bibir pantai yang seluas itu, sangat cocok melakukan beragam aktivitas olahraga pantai. Setiap tahun, di sini sering digelar pesta pantai. Masyarakat mengadakan permainan rakyat seperti lomba karung, dayung sampan dan lomba menangkap bebek.

Pulau Telunas

(Photo By: Istimewa)

Kalau kamu  ingin berlibur di pulau pribadi di Karimun, Pulau Telunas menjadi pilihan. Pantainya memiliki pasir putih nan bersih, air laut sebening kristal dan suguhan bungalow berkonsep rumah panggung pedesaan di atas permukaan laut. Villa-villa yang ada dibangun secara khusus untuk kenyamanan maksimal bagi pendatang. Hampir seluruh bangunan terbuat dari kayu dan bahan-bahan alami.

Pulau Buru

(Photo By: Tribunnews)

Pulau Buru terletak di kecamatan Buru. Konon katanya pulau ini merupakan pulau sumpahan yang hanyut dan pernah menyatu dengan daratan Johor, Malaysia. Nama Buru diberikan karena orang-orang dulu menjadikannya sebagai tempat berburu hewan hutan seperti kancil atau babi. Di sini terdapat bermacam lokasi wisata yakni religi dan alam. Di antaranya makam si Badang, Mesjid H Abdul Ghani, Vihara Cetiya Tri Dharma dan makam Moyang Seraga. Untuk destinas alamnya, kamu  bisa mengunjungi pantai Tanjung Ambat dan pemandian air panas di Tanjung Hutan.

Pemandian Air Panas Tanjung Hutan

(Photo By: wisatago)

Dari sederet wisata bahari di Karimun, Pemandian Air Panas Tanjung Hutan menyuguhkan pengalaman berbeda. Air panas  di pemandian ini tidak diketahui pasti asalnya kedatangannya.  Airnya pun tidak mengandung barelang. Bahkan sedemikian panasnya, di salah satu kolam bisa dipakai untuk merebus telur.

Komentar kamu?