Pesona Desa Silawan, Desa Terdepan di Beranda Indonesia

203 views
0

WartaWisata.ID – Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi NTT, merupakan desa yang terletak di wilayah perbatasan RI-RDTL, sekitar 20 kilometer dari Atambua, Ibukota Kabupaten Belu.

Kondisinya dulu sangat memprihatinkan. Saat malam datang, tak ada terang, hanya lampu pelita. Selama 73 tahun Indonesia merdeka, kehidupan mereka berubah setelah adanya Dana Desa. Kini mereka dapat menikmati terang. Karya tenun semakin produktif. Pendapatan warga meningkat. Anak-anak semakin giat belajar. Tidak lagi tertinggal informasi.

Desa Silawan di Nusa Tenggara Timur, desa terdepan di beranda Indonesia, perbatasan Indonesia – Timor Leste. menempati urutan kelima Desa terbaik dalam pengelolaan Administrasi yang ditetapkan Kemendesakan PDTT.

Di Desa inilah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain dimana Konsep desain bangunan terinspirasi dari bangunan atap tradisional Rumah Mata besi yang merupakan rumah adat masyarakat Kabupaten Belu. Desain ornamen yang terdapat pada atap bangunan pemeriksaan kendaraan diadopsi dari corak tenun setempat, yaitu sun shading. menjadikan PLBN Motaain juga menarik masyarakat untuk berswafoto sehingga dapat mengangkat kearifan dan budaya lokal sebagai destinasi baru di Kabupaten Belu.

Komentar kamu?