Pesona Desa Wisata Poncokusumo, di kaki Gunung Semeru Malang

240 views
0

WartaWisata.ID – Poncokusumo merupakan nama satu desa sekaligus nama kecamatan di Kabupaten Malang. Poncokusumo yang memiliki luas sekitar 686,23 hektar diresmikan sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Malang. Terletak di kaki Gunung Semeru atau tepatnya di sebelah selatan perbatasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Desa Poncokusumo merupakan desa yang kaya akan produksi holtikultura seperti bawang, tomat, kentang, kol, dan tentu saja apel. Seperti halnya daerah lain di Kabupaten Malang, wisata petik apel menjadi salah satu wisata andalan di Desa Wisata ini.

Penginapan di desa seperti Poncokusumo ini adalah penginapan jenis homestay, yaitu menginap di rumah warga. Warga di desa Poncokusumo terutama ibu rumah tangganya banyak yang mengelola rumah mereka untuk dijadikan penginapan wisatawan.

Selain beragam kebun buah, Desa Wisata Poncokusumo juga memiliki kebun bunga krisan sebagai salah satu daya tariknya. Kami bertemu dengan Pak Misnan salah satu petani yang membudidayakan bunga krisan di desa ini.

Jelajahi Desa Wisata Poncokusumo:

Oleh – oleh di Poncokusumo tidak jauh dari penghasil utamanya yaitu apel. Wisatawan dapat membeli buah apel secara fresh from farm yang banyak khasiat. Selain itu, wisatawan juga dapat membeli buah tangan berbahan dasar apel yang telah diolah. Olahannya seperti kripik apel dan sari apel. Penduduk mengolah apel dengan cara yang masih manual dan alami, sehingga cita rasanya berbeda dari biasanya. Jika ingin membeli cinderamata ini, hendaknya wisatawan harus memesan terlebih dahulu sebab pengerjaannya yang masih manual sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk memproduksi. Selain itu, belum ada tempat untuk menjual cinderamata tersebut.

Komentar kamu?