Pesona Air Terjun Tahapan Telu, Pineleng Kabupaten Minahasa

146 views
0

WartaWisata.ID – Satu lagi tempat wisata alam di Sulawesi Utara yang layak untuk kita kunjungi, yaitu AIR TERJUN TAHAPAN TELU sering atau Air Terjun desa Kali, Desa Pineleng. Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara

Air Terjun ini terletak agak di dalam hutan, dengan suasana sepi, cipratan airnya lumayan deras, membuat sekitarnya (termasuk jembatan bergaya klasik) menjadi berlumut tetapi justru menambah sisi artistik.

Untuk menuju air terjun ini cukup mudah, bahkan saya menuju ke sini dengan naik sepeda (tapi ini hanya disarankan bagi yg memang sudah terbiasa bersepeda menanjak). Kalau dihitung, jaraknya hanya sekitar 20 km dari pusat kota Manado menuju gerbang masuk. Untuk menuju air terjunnya sendir masih harus berjalan kaki menyusuri hutan sekitar 20 menit. Tidak perlu kuatir karena walaupun tidak ada pedagang di dalamnya, sudah ada toilet dan tempat istirahat.

Lokasi Air Terjun Ratahan Telu terletak di desa Kali, kecamatan Pineleng. Dari kota Manado, menuju ke jalan raya Tomohon (arah menuju kota Tomohon atau Danau Tondano). Setelah menempuh jarak 8km akan menenui gapura bertuliskan Makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol di sebelah kiri jalan. Memang air terjun Ratahan Telu ini searah dengan makam Tuanku Imam Bonjol, jadi bagi pengunjung yang berwisata ziarah bisa dilanjutkan dengan menuju air terjun.

Sayangnya objek wisata ini tidak lagi dikelolah dengan baik sehingga banyak fasilitas yg tidak lagi bisa di gunakan.

Komentar kamu?