Pulau Doom Sorong, Memendam Sejarah Penjajahan Belanda dan Jepang

85 views
0

WartaWisata.ID – Pulau Doom, yang terletak berhadapan langsung dengan Kota Sorong, Papua Barat, menyimpan misteri zaman penjajahan Belanda dan Jepang.

Pulau doom merupakan pulau yang langsung berbatasan dengan Samudera Pasifik. Keindahan alam pulau doom menjadikan daya tarik bagi para wisatawan mulai dari keindahan pasir putihnya, batu karang dan juga memiliki nilai sejarah.

Pulau ini mempunyai luas sekitar 5 KM, pulau ini mempunyai sebutan Dum yang berarti pulau penuh buah. Di sekitar pulau doom banyak ditemui buah sukun di setiap rumah warga setempat. Tempat ini mempunyai nilai sejarah terlihat dari bangunan-bangunan bekas penjajahan Belanda seperti Kantor Hoofd van Plaatselijk Bestuur, penjara Doom, lapangan sepak bola, Gereja Kristen Orange dan tempat yang digunakan berpesta oleh para penjajah Belanda.

Jika kamu ingin mengelilingi pulau Doom maka dapat berkeliling dengan membayar Rp.30.000 hingga Rp.50.000 dengan menggunakan becak. Selain itu kita bisa menuju pulau Soop hanya dengan 15 menit dengan menggunakan perahu dari pulau Doom. Akses kendaraan untuk menuju pulau doom yaitu jika dari Bandara Eduard Osok dapat menggunakan jasa ojekĀ  atau taksi menuju pelabuhan Sorong. Dan dilanjutkan perjalanan menuju pulau Doom menggunakan perahu sekitar Rp.20.000.

Komentar kamu?