Pos Lintas Batas Negara Skow Berubah Menjadi Destinasi Wisata Baru di Kota Jayapura

189 views
0

WartaWisata.ID – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Secara geografis, PLBN Terpadu Skouw berada di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua. Jaraknya sekitar 1 jam dari pusat Kota Jayapura.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2015 tentang Percepatan Pembangunan 7 Pos Lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, ditetapkan Lokasi Rencana Penanganan Kawasan Perbatasan yang terdiri dari 7 Lokasi Prioritas Pengembangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan Pengembangan Infrastruktur Permukiman (PIP), yakni Entikong, Nanga Badau, Aruk, Motaain, Motamasin, Wini, dan Skouw.

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan pos pemeriksaan lintas batas orang dan barang keluar masuk batas wilayah negara. PLBN merupakan bangunan yang menyelenggarakan fungsi keimigrasian (immigration), kepabeaan (custom), karantina (quarantine), keamanan (security) dan fungsi-fungsi lain yang diperlukan.

Pintu perbatasan Skouw, Kota Jayapura, Provinsi Papua merupakan gerbang perbatasan utama antara NKRI dengan Papua New Guinea.

Konsep bangunan PLBN Skouw menggunakan desain bangunan rumah yang merupakan ciri khas rumah pesisir di daerah Skouw, yakni Rumah Tangfa. Rumah tersebut memiliki atap dengan bentuk perisai serta memiliki dua ruangan berukuran panjang yang berfungsi sebagai tempat masyarakat berkumpul. Bagian tengah/separator bangunan berfungsi sebagai media sirkulasi.

Bangunan PLBN Skouw Kota Jayapura seluas 7.619 m2 ini berada pada kawasan seluas 10,7 Ha yang terbagi ke dalam tiga zona yaitu Zona Inti, Zona Sub Inti dan Zona Pendukung.

Pembangunan Zona Inti PLBN antara lain Bangunan Utama, Pemeriksaan Kedatangan, Klinik, Bangunan carwash/disinfectant, Jembatan Timbang, Bangunan Pemindai Truk, Pemeriksaan Kargo Keberangkatan, Bangunan Gudang Sita, Kennel, Bangunan Utilitas, Bangunan Check Point, Monumen dan Gerbang Tasbara (guard house).

Terkait dengan integritas dan kedaulatan negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya mendukung Pembangunan Pos Lintas Batas Negara di kawasan perbatasan.

Sejak dibangunnya gedung baru ini, PLBN berubah menjadi destinasi wisata baru di Skouw. Banyak wisatawan atau pelintas batas yang mampir dan berfoto di sini. Karena memang bangunannya sangat indah.

Komentar kamu?