Pos Lintas Batas Negara Motaain Belu, Wajah Negara di Perbatasan

83 views
0

WartaWisata.ID – Perbatasan adalah wajah negara. Hal ini yang kemudian mendorong Presiden Joko Widodo merenovasi sejumlah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) salah satunya PLBN Motaain di Kabupaten Belu merupakan gerbang perbatasan utama antara NKRI dengan Republik Demokratik Timor Leste.

Pos perbatasan ini adalah pos yang paling ramai dilalui oleh pelintas batas. Di wilayah ini terdapat dua kecamatan yaitu Kecamatan Tasifeto Timur dan Kalukuk Mesak, yang penduduknya merupakan warga Timor Leste yang memilih tetap menjadi Warga Negara Indonesia. Setiap harinya, PLBN Motaain mampu menampung 1000 orang keluar masuk PLBN.

Jenis pelayanan di PLBN Motaain diantaranya menyelenggarakan fungsi keimigrasian (immigration), kepabeaan (custom), karantina (quarantine), keamanan (security) dan fungsi-fungsi lain yang diperlukan. Pada bangunan terbangun seluas 7.619 m2ini, bangunan pos berada dikawasan seluas 8,8 Ha yang terbagi kedalam tiga zona, yaitu Zona Inti, Zona Sub Intidan Zona Pendukung.

Konsep desain bangunan terinspirasi dari bangunan atap tradisional Rumah Mata besi yang merupakan rumah adat masyarakat Kabupaten Belu. Desain ornamen yang terdapat pada atap bangunan pemeriksaan kendaraan diadopsi dari corak tenun setempat, yaitu sun shading. menjadikan PLBN Motaain juga menarik masyarakat untuk berswafoto sehingga dapat mengangkat kearifan dan budaya lokal sebagai destinasi baru di Kabupaten Belu.

Komentar kamu?