Pantai Indrayanti, View yang Indah dan Sejarahnya yang Unik

155 views
0

WartaWisata.ID Pantai Indrayanti adalah salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang sering direkomendasikan pada wisatawan. Nama pantai Indrayanti sendiri sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan baik lokal ataupun manca negara.

Pantai yang sering disingkat dengan Pantai Pulsa berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sama seperti tipikal pantai selatan di wilayah gunung kidul, pemandangan disini tidak kalah indahnya. Bentang pantai yang cukup luas, pasir halus, dan laut biru lepas yang bersih. Jika merasa jenuh di Malioboro, tempat ini bisa jadi tujuan.

Pantai ini memiliki latar belakang yang cukup unik. Kalau kita dengar namanya, rasanya berbeda dengan pantai lain di daerah ini. Pantai lain biasanya menggunakan nama tempat, sedangkan pantai yang satu ini berbeda.

Itu karena nama pantai Indrayanti sebetulnya bukan nama resmi. Nama ini di ambil dari nama restoran Indrayanti yang berada tidak jauh dari sini.

Restoran ini cukup dikenal pengunjung seolah menjadi landmark tempat ini. Akhirnya, tanpa disengaja dari mulut ke mulut, tempat ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri diambil dari gabungan nama pemilik restoran; bapak Indra dan ibu Yanti.

Nah, nama resmi yang digunakan oleh pemerintah untuk destinasi wisata ini adalah pantai Pulang Sawal/pantai Pulang Syawal. Hanya saja, pengunjung dan penduduk setempat sudah terlanjur mengenal tempat ini dengan nama pantai Indrayanti.

Meskipun pihak pemerintah lebih mengkampanyekan nama pantai pulang sawal, sejauh ini tetap saja nama lama yang lebih melekat dikalangan pengunjung baik dari dalam ataupun luar Jogja. Belum lagi pengaruh pengguna medsos yang lebih kenal tempat ini dengan nama pantai indrayanti.

Dulu sempat terjadi polemik antara pihak pemerintah dan pengelola terkait penamaan tempat. Tapi sepertinya tidak berlanjut lebih jauh.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap lho. Disini terdapat berbagai tempat makan ataupun cafe untuk bersantai dan menikmati kuliner khas pantai.

Di sepanjang pantai terdapat rangkaian gazebo dan payung pantai yang bisa digunakan untuk istirahat dan menikmati suasana dan pemandangan sekitar. Fasilitas lainnya seperti toilet dan kamar mandi untuk membilas diri setelah bermain air laut juga sudah cukup banyak tersedia.

Selain itu, terdapat penyewaan jetski dan juga tempat bermain anak.

Untuk tiket kalian hanya mengocek sebesar Rp.10.000 per orang.

Komentar kamu?