Mengenal Potensi dan Pesona Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara

155 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Kolaka Utara adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia dengan ibukota Kecamatan Lasusua. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kolaka yang disahkan dengan UU Nomor 29 tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Jumlah penduduk dari hasil registrasi akhir tahun 2005, yaitu sebesar 113.317 jiwa terdiri dari penduduk laki-laki sebesar 57.438 jiwa atau 50.69% dan perempuan sebesar 56.879 jiwa atau 49.31%. Sumber pendapatan utama kabupaten ini adalah perkebunan kakao, kelapa dan cengkih. Sekitar 80% penduduk kabupaten ini bergantung pada perkebunan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Keadaan permukaan wilayah Kabupaten Kolaka Utara umumnya terdiri dari gunung dan bukit yang memanjang dari utara ke selatan. Di antara gunung dan bukit terbentang dataran-dataran yang merupakan daerah potensial untuk pengembangan sektor pertanian.

Selain Pertanian, Kolaka Utara juga memiliki Pesona Alam yang tidak kalah menariknya jika terus dikembangkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi salah satu destinasi unggulan di Sulawesi tenggara, sebagaimana Video Profile Pariwisata Kabupaten Kolaka Utara.

Potensi Lainnya di Kolaka Utara :

Komentar kamu?