Siaran Pers : Festival Pesona Pantai Pohon Cinta Sajikan 1.000 Piring Kuliner Gorontalo

“Melalui karnaval ini menunjukkan bahwa pluralisme masyarakat Kab Pohuwato terjaga dan terjalin dengan baik sebagaimana menggambarkan Bhineka Tunggal Ika,”

38 views

WartaWisata.ID – Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (FP3C) 2019 yang berlangsung di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, menampilkan gelar 1.000 piring Binthe Biluhuta yang menyajikan berbagai makanan khas Gorontalo.

Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ricky Fauziyani di Jakarta, Sabtu (4/5/2019), mengatakan gelaran wisata kuliner ini banyak diminati wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk menyaksikan FP3C 2019. Acara itu berlangsung selama sepekan pada 2-6 Mei 2019 dan merupakan penyelenggaraan yang memasuki tahun ketiga.

“FP3C ini menjadi salah satu event andalan Provinsi Gorontalo untuk mempromosikan serta meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya ke Kabupaten Pohuwato,” katanya.

Khusus gelar pangan 1.000 piring Binthe Biluhuta dilakukan untuk mengenalkan daya tarik wisata kuliner sekaligus mengenalkan Kabupaten Pohuwato sebagai lumbung jagung terbesar di Provinsi Gorontalo. Ia menjelaskan, penyelenggaraan festival budaya FP3C telah berlangsung sejak 2017 dan mendapat dukungan dari Kemenpar.

Pihaknya berharap penyelenggaraan FP3C tahun depan sudah masuk dalam kalender event pariwisata nasional 100 Calender of Event (CoE), melengkapi dua event lainnya mewakili Provinsi Gorontalo yang lebih dulu masuk dalam CoE yaitu Festival Danau Limboto yang akan berlangsung pada 21-25 September 2019 dan Gorontalo Carnaval Karawo pada 6 Oktober 2019.

Rangkaian acara FP3C 2019 dimeriahkan dengan penyelenggaraan karnaval budaya multi etnis yang menampilkan pagelaran budaya dari tujuh etnis yang ada di Pohuwato yakni; Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Bajo, Sangihe, Tionghoa, dan Gorontalo.

“Melalui karnaval ini menunjukkan bahwa pluralisme masyarakat Kab Pohuwato terjaga dan terjalin dengan baik sebagaimana menggambarkan Bhineka Tunggal Ika,” kata Ricky.

Acara menarik lainnya adalah lomba mancing tradisional dimana Kabupaten Pohuwato sebagai daerah yang berhadapan langsung dengan Teluk Tomini memiliki garis pantai sepanjang 165 km menyimpan potensi perikanan yang sangat kaya.

Penyelenggaraan lomba mancing tradisional dalam rangkaian FP3C 2019 sebagai apresiasi kepada para nelayan maupun masyarakat yang mempunyai hobi memancing. Puncak acara FP3C 2019 akan dirangkaikan dengan perayaan HUT Kabupaten Pohuwato ke-16 dan acara Lebaran Ketupat yang akan dilaksanakan pada H+7 Hari Raya Idul Fitri 2019.

Seperti pada tahun lalu, H+7 Hari Raya Idul Fitri wisatawan banyak memanfaatkan untuk berekreasi bersama keluarga di Pantai Pohon Cinta. Pantai Pohon Cinta menjadi destinasi wisata andalan pariwisata Kabupaten Pohuwato. Pantai Pohon Cinta memiliki hamparan laut dengan deburan ombak yang sangat tenang.

Di sepanjang pantai dibangun trek jogging, taman bermain untuk anak-anak, dan warung kuliner. Pantai Pohon Cinta di kalangan wisatawan dikenal sebagai destinasi yang ramah keluarga dan sangat nyaman dinimati untuk wisata keluarga. Aksesibilitas menuju destinasi Pantai Pohon Cinta relatif mudah ditempuh melalui jalan darat hanya sekitar 3 jam dari Kota Gorontalo. Sepanjang perjalanan wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang menawan. Sementara untuk fasilitas amenitas tersedia banyak pilihan akomodasi berupa hotel, cottage, dan losmen.

Sumber : Guntur Sakti, Kepala Biro Komunikasi Publik

Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (FP3C) 2018 :

Komentar kamu?