Kota Kudus, Jerusalem Van Java, Wisata Religi Jawa Tengah

50 views

WartaWisata.ID – Kudus merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang kerap disebut sebagai Kota Kretek. Enggak hanya itu, kota ini juga dikenal dengan sebutan Jerusalem Van Java. Soalnya, konon dulu Sunan Kudus pernah membawa batu Jerusalem dan menyimpannya di Kudus.

Pada masa lalu, Kota Kudus juga sempat bernama Tajug. Soalnya di kota ini, begitu banyak bangunan tajug. Tajug pada dasarnya adalah atap tradisional yang berbentuk limas segi empat. Namun setelah Sunan Kudus datang, tajug berganti nama menjadi Al-Quds yang berarti Kudus.

Sejarah Kota Kudus tidak terlepas dari Sunan Kudus. Karena keahlian dan ilmunya, maka Sunan Kudus diberi tugas memimpin para Jamaah Haji, sehingga beliau mendapat gelar “Amir Haji” yang artinya orang yang menguasai urusan para Jama’ah Haji. Beliau pernah menetap di Baitul Maqdis untuk belajar agama Islam.

Ketika itu disana sedang berjangkit wabah penyakit, sehingga banyak orang yang mati. Berkat usaha Ja’far Shoddiq, wabah tersebut dapat diberantas. Atas jasa-jasanya, maka Amir di Palestina memberikan hadiah berupa Ijazah Wilayah, yaitu pemberian wewenang menguasai suatu daerah di Palestina. Pemberian wewenang tersebut tertulis pada batu yang ditulis dengan huruf arab kuno, dan sekarang masih utuh terdapat di atas Mihrab Masjid Menara Kudus.

Banyak hal menarik yang bisa digali dan dipelajari dari Kabupaten Kudus, mulai dari Kuliner Khasnya, Budaya dan Wisata Religi yang terus terjaga sampai dengan saat ini termasuk Kain Batik Khas Kudus yang mempunyai corak unik.

Tim Indonesia Kaya dalam Video Jurnalnya telah menggali dan menampilkan lengkap, Jangan lupa like, comment, share, serta subscribe YouTube channel INDONESIA KAYA Dengan demikian kita semakin mengenal Kekayaan Alam dan Budaya Indonesia yang Kaya. Salam Cinta Indonesia

Komentar kamu?