Pulau Karatung, Pesona di Bibir Pasifik Layak Sebagai Destinasi Pariwisata Bahari

70 views

WartaWisata.ID – Karatung merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Pulau Karatung terdiri dari tiga desa, yakni Karatung Utara (Kartung), Karatung Tengah, dan Karatung Selatan. Adapun jumlah penduduk yang menghuni pulau Karatung sebagai berikut: Karatung (494 jiwa); Karatung Tengah (437 jiwa); Karatung Selatan (317 jiwa). Sedangkan luas masing-masing desa jika dibandingkan dengan total luas Kabupaten Kepulauan Talaud, yaitu Karatung (7,93 km2 atau 13,58%); Karatung Tengah (8,21 km2 atau 14,06%); dan Karatung Selatan (7,22 km2 atau 12,36%)

Karatung pulau Indah di bibir Pasifik yang perhatian dan pengelolaan baik oleh pemerintah Daerah, provinsi maupun Pemerintah Pusat. Pulau ini sangat indah dan mempesona. Keindahan alamnya yang original, yakni hamparan pasir putih di tepi pantai yang mengelilingi pulau ini membatasi permadani biru (lautan) terhampar luas, serta sinar matahari yang terasa terik, membuat wisatawan nyaman berjemur di sana.

Objek wisata yang tersedia di Karatung yakni Diving terdapat di sekeliling pulau. Hamparan terumbu karang dan berbagai jenis spesias ikan laut akan sahabat lihat di sana. Pantai Aru, Uala, Lariasan, Tumindarun, Tiwu, Taloara, Ola, Sabangan merupakan spot untuk diving. Sedangkan snorkeling rekomendasi di Aru

Selain itu terumbu karang yang masih terjaga, menjadikan pulau ini layak sebagai destinasi pariwisata bahari (marine tourism). Dipadu keramah-tamahan masyarakatnya dalam menyambut tamu, memberi pesan bahwa pulau ini surga bagi wisatawan domestik maupun manca negara.

Komentar kamu?