Sejarah Ukir Perak Kotagede, Cenderamata Yang digemari Wisman

223 views
0

WartaWisata.ID – Kotagede merupakan kota tua yang terletak di Kabupaten Bantul sebelah tenggara kota Yogyakarta. Provinsi D.I. Yogyakarta. merupakan kawasan yang masih terjaga nuansa heritagenya. Bangunan-bangunan tua nan bersejarah masih berdiri kokoh. Pasar tradisionalnya masih berfungsi seperti aktivitasnya di zaman dahulu.

Dengan banyaknya arsitektur bangunan jaman Mataram Islam merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Pada jaman dahulu sebelum terkenal dengan kerajinan peraknya, banyak pengrajin imitasi yang ada di kota ini kemudian beralih ke kerajinan perak.

Kerajinan perak Kotagede muncul pada abad ke-16 Kerajaan Mataram Islam. Dimulai pada masa pemerintahan Panembahan Senopati yang memerintahkan abdi dalem kriya untuk membuat perhiasan dari emas dan perak, karena ketertarikannya tersebut maka di kembangkanlah kerajinan perak hingga saat ini dan merupakan Cendramata yang digemari oleh wisatawan Mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta.

Bagi wisatawan yang ingin berburu kerajinan dengan harga murah dan hasil berkualitas, disarankan menelusuri perajin yang telah memiliki nama di sepanjang Jalan Kemasan banyak plang nama kerajinan untuk memudahkan pembeli.

Komentar kamu?