Presiden Joko Widodo, Minta Masukan Nitizen Perihal Lokasi Ibukota Negara

"Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain."

162 views
0

WartaWisata.ID – Presiden Republik Indesia, Joko Widodo, dalam akun Media Sosial Fanpage Facebook resminya, Selasa, (30/April/2019) Merilis ajakan yang meminta masukan dari Nitizen, sebagai berikut :

“Selamat pagi. DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus: sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu?

Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain.

Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang.

Kemarin di Kantor Presiden, saya menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara. Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun, terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju. Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung”.

Sebelumnya Wakil Presiden Republik Indonesia, Yusuf Kalla sudah mengangkat isu Paradoks Jakarta dari dua sisi, sebuah gambaran Kontras Ibukota Negara, dalam tayangan yang diulas oleh CNN Indonesia yang dipublis Jumat (1/Feb/2019) Berikut :

Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?

Komentar kamu?