Pulau Bungin, Pulau terpadat di Dunia yang Terus Bersolek

140 views
0

WartaWisata.ID – Pulau Bungin merupakan sebuah pulau yang terletak di lepas Laut Bali dan secara administratif merupakan salah-satu desa di Kec. Alas, Kab. Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Pulau Bungin awalnya merupakan daerah transit para nelayan dari Sulawesi ke laut Bali dan laut Jawa. Sampai akhirnya, 50 tahun terakhir menjadi tempat bermukim suku Bajo yang memilih menetap di sini. Lebih dari 90 % warganya bekerja sebagai nelayan, sementara hampir 100 persen masyarakatnya menggantungkan hidup dari hasil laut.

Seiring bertambahnya penduduk, warga pulau Bungin kini tak bisa lagi menemukan garis pantai. Seluruhnya padat oleh sampah yang berserakan. Sayangnya, manusia yang menyambung hidupnya dari hasil laut, justru menjadikan laut sebagai halaman belakang rumah mereka, sekaligus menjadi tempat sampah baru bagi warga.

Kini Bungin tak hanya dikenal dengan Pulau Buatan Terpadat di Dunia dan kambing makan kertasnya saja, tetapi melalui tangan tangan kretaif pemudanya mampu menjadi pulau dengan destinasi yang cukup diperhitungkan dengan keberadaan keramba apung dan resto apung nya.

Komentar kamu?