Ridho, Penggerak Kampung Budaya Cikawung, Ciracap Sukabumi

168 views
0

WartaWisata.ID – Ridho, Warga Ciracap Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Pemuda Zaman Now yang peduli akan Budaya Cikawung yang sudah tergerus oleh kemajuan teknologi. Seorang Ridho rela meninggalkan bangku kuliah demi kembali ke tanah kelahiran untuk membangun kampungnya.

Dengan berbekal tekad dan tanggung jawab yang kuat untuk memajukan kampungnya yang tertinggal, Ridho Memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan sarjananya di Jakarta, Lewat gerakannya Ridho berhasil membuat kampung budaya yang dinamainya Kampung Budaya Cikawung. Tak hanya sebagai kampung budaya, Kampung Cikawung disulap menjadi tempat wisata.

Dampak dari gerakan yang dilakukan Ridho, Saat ini Perekonomian warga Kampung Cikawung pun terbantu, Ridho perlahan merubah pola dan mata pencarian warga dari kuli pemecah batu, menjadi Desa Wisata dengan berbagai produk turunannya.

Selain menggiatkan Cinta Budaya, Ridho juga menggali dan mendorong kreatifitas pemuda di desanya untuk belajar prakarya, Kini ada 40 anak-anak yang diajak Ridho untuk terus menjaga dan mempertahankan nilai-nilai budaya asli Kampung Budaya Cikawung, Bagi Ridho, kekayaan wisata alam akan sia-sia jika warganya tak berbudaya.

Sungguh membanggakan, Semangat serang Ridho patut diteladani, Indonesia butuh lebih banyak pemuda seperti Ridho untuk melestarikan, mengembangkan, dan memajukan Budaya Daerah sebagai Aset Bangsa. Demi Indonesia yang Berbudaya.

Komentar kamu?