Keindahan Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara

394 views
0

WartaWisata.ID Kabupaten Pulau Taliabu adalah sebuah kabupaten baru di Provinsi Maluku Utara, dimekarkan sejak tiga tahun silam. Letaknya antara Pulau Sulawesi dan Maluku.

Pulau ini selain kaya dengan tambang dan hasil alam seperti cengkeh, kelapa dan kakao juga menyimpan potensi wisata yang cukup besar. Di setiap pulau-pulau kecil yang ada memiliki objek wisata yang cukup unik dan menarik.

Walaupun berada di Provinsi Maluku Utara, daerah ini lebih dekat dengan Kabupaten Luwuk, Sulawesi Tengah. Jika ingin diakses cepat, maka terlebih dahulu harus terbang dengan pesawat dengan rute Makassar – Luwuk dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Tersedia penerbangan pagi dan siang hari.

Dari Luwuk kemudian dilanjutkan dengan jalur laut dengan waktu tempuh sekitar 15 jam. Berangkat pukul 16.00, akan tiba keesokan harinya pukul 07.00. Biaya kapal bervairasi antara Rp200 -350 ribu, tergantung jenis kelas yang dipilih.

Perjalanan melalui Banggai ini jauh lebih cepat dibanding melalui Ternate, ibukota provinsi, yang memakan waktu hingga dua hari dua malam.

Pelabuhan Taliabu jaraknya tak jauh dari pusat keramaian kota Bobong, ibukota kabupaten. Sebagai daerah yang baru dimekarkan berbagai fasilitas publik sifatnya masih bersifat darurat. Seluruh instansi pemerintah, termasuk kantor Bupati masih menempati bangunan-bangunan lama atau mengontrak bangunan warga yang dinilai layak.

Akses transportasi umum masih sangat terbatas. Hanya beberapa kendaraan bentor yang melayani transportasi di dalam kota. Jika ingin lebih jauh lagi harus rental kendaraan mobil.

Kealamiaan alam Taliabu langsung terasa ketika meninggalkan batas kota yang tak begitu luas. Sekeliling masih merupakan hutan alami, pohon-pohon tua tinggi menjulang berjejer rapi sepanjang jalan.

Komentar kamu?