Danau Angggi, Danau Indah Tersembunyi di Papua Barat

251 views
0

WartaWisata.ID Danau Anggi terletak di Manokwari, Papua tepatnya di pegunungan Arfak. Disini, wisatawan bisa melihat dua danau bersamaan dari puncak bukit Kobrey. Danau ini bisa ditempuh dengan jarak tempuh sekitar 100-110 kilometer dari Kota Manokwari atau waktu tempuh sekitar 4-5 jam.

Nama Pegunungan Arfak belum setenar Raja Ampat sebagai destinasi wisata nomor wahid di Papua Barat. Meski demikian, belum populernya Pegunungan Arfak sebagai destinasi wisata rupanya menawarkan eksotisme tersendiri.

Danau ini menjadi salah satu objek wisata yang menawarkan panorama yang cocok untuk berburu fotografi. Danau ini di bagi menjadi dua yaitu Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gida. Sepasang danau ini terletak berdampingan di dua distrik yang bertetangga, yakni Distri Anggi dan Distrik Anggi Gida, dipisahkan oleh sekat perbukitan.

Dua Danau Anggi terbilang merangkum seluruh eksotisme Pegunungan Arfak.

Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji berada di dataran tinggi Pegunungan Arfak. Danau Anggi Gida berada di ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan Danau Anggi Gida berada di ketinggian sekitar 1.750 mdpl.

Salah satu Warga Distrik Anggi sekaligus ajudan Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Messakh Wungur mengatakan tak banyak wisatawan yang mengunjungi Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji. Wisatawan juga terbatas dari kalangan pelajar dan masyarat setempat.

Di Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji, wisatawan bisa menikmati pemandangan danau dari bukit-bukit seperti Bukit Kombrey dan Bukit Tombrok. Dari atas puncak bukit, wisatawan bisa melihat satu dan dua danau. Wisatawan juga bisa berkeliling danau dengan perahu milik masyarakat setempat. Di Danau Anggi Gida bahkan wisatawan bisa menikmati pasir putih dan berenang di tengah danau.

Dengan udara dengan rata rata suhu sekitar 18 derajat membuat udaranya sejuk pada siang hari. Suasana sepi nan tengang membuat tempat ini menjadi objek wisata yang menenangkan.

Uniknya lagi Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji dikenal sebagai danau yang memiliki kelamin. Danau Anggi Gida disebut sebagai danau perempuan, sementara Danau Anggi Giji dikenal sebagai danau laki.

Siapa bilang di Papua hanya ada Raja Ampat? Di pegunungan Arfak juga tidak kalah untuk dikunjungi.

Komentar kamu?