Bintuni, Kabupaten Tempat Penuh Potensi

117 views
0

WartaWisata.ID Bintuni adalah sebuah distrik yang juga merupakan pusat pemerintahan (ibu kota) kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. Bintuni sekarang tentu saja sedikit banyak lebih maju dibanding Bintuni yang dahulu.

Potensi Bintuni ini telah terlihat dari banyak hal seperti dari transportasi. Untuk transportasinya Sudah ada angkutan resmi dari Pemda berupa AMB (Angkutan Masyarakat Bintuni). Tarif ojek bervariasi dari 7.000 rupiah untuk jarak dekat dalam kota, 10 ribu untuk jarak sedang dan 20 ribu untuk jarak jauh, misalnya dari pasar ke kantor dinas pendidikan.

Pelabuhan di Bintuni melayani rute ke Sorong. Biasanya kalau ada 3 kapal bisa ada jadwal seminggu 3 kali ke Sorong, tetapi kalau tidak ada ya bisa hanya seminggu sekali atau dua kali saja.

Tidak ada bioskop dan mall di Bintuni. Listrik masih kadang-kadang mati. Tetapi tidak parah seperti beberapa tahun lalu. Paling parah satu hari mati listrik, satu hari menyala selama seminggu, tetapi seterusnya kembali normal.

Sisi baiknya, menurut saya, Bintuni adalah salah satu kota teraman di Papua Barat selain Fakfak. Tinggal di Bintuni sangat aman, damai dan tenang dengan struktur kehidupan yang laid-back cukup jauh dibandingkan Jakarta yang sangat kompetitif misalnya. Maklum saja, Bintuni masih berusia 15 tahun dibandingkan Jakarta yang berusia ratusan tahun.

Bintuni, kota yang aman, damai dan menyimpan banyak potensi yang masih perlu dikembangkan.

Komentar kamu?