Memandang Keindahan Pulau Osi di Kabupaten Seram Barat

160 views
0

WartaWisata.ID Pulau Osi adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Seram Barat, Provinsi Maluku. Luas Pulau Osi hanya sekitar 9 Ha dengan panjang 600 meter dan lebar 200 meter. Walaupun pulau ini kecil tetapi daerah sekitarnya mempunyai potensi hasil laut yang besar.

Daerah dengan terumbu karang yang beragam sebagai habitat dari berbagai jenis ikan. Kawasan Pulau Osi masih termasuk daerah Taman Wisata Alam Laut Pulau Marsegu yang luasnya 11.000 Ha meliputi pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Untuk menuju tempat ini dari Ambon, harus menyebrang menuju ke Pulau Seram dengan menggunakan kapal Ferry dan kemudian dilanjutkan jalan darat kurang lebih selama 3 jam menuju Pulau Osi.

Perlu diketahui bahwa Pulau Osi adalah daratan terpisah dengan Pulau Seram dan kendaraan mobil hanya dapat sampai satu Desa yang bernama Pelita Jaya di pesisir Pulau Seram, selanjutnya kami harus menggunakan ojek atau berjalan kaki hingga sampai di Pulau Osi.

Hal lain yang membuat kagum adalah ketiadaan sumber air tawar di pulau ini. Menurut warga setempat, dulu warga harus mengambil air tawar dari Pulau Marsegu atau Pulau Seram namun kini sudah tersedia alat destilasi air laut menjadi air tawar. Tidak hanya itu, sebuah instalasi listrik cahaya matahari atau Solar Sel pun kami temukan di pinggiran desa. Instalasi ini merupakan sumbangan dari sebuah perusahaan dan memang benar-benar dipakai sebagai sumber listrik bagi segenap warga Pulau Osi.

Kini, Pulau Osi adalah sebuah tujuan wisata. Keindahan alam Taman Laut di sekitar pulau Osi menjadikan Pulau ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Beberapa penginapan dan resort pun bermunculan di sekitar Pulau Osi dan menyediakan fasilitas menginap yang cukup menarik bagi para wisatawan.

Indahnya alam bawah laut Pulau Osi bukan hanya isapan jempol semata, dari jembatan maupun dermaga di sekitar Pulau Osi pun kami sudah dapat melihat keindahannya tanpa harus turun langsung ke dalam air. Pulau Osi memang belum sepopuler Pantai Ora atau Pulau Banda, namun keindahan pulau ini merupakan potensi besar yang masih luas untuk terus dikembangkan hingga suatu saat nanti Pulau Osi akan menjadi tujuan utama wisata Pulau di Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

Komentar kamu?