Pesona Hutan Pinus Mangunan Dlingo yang Tenang nan Indah

199 views
0

WartaWisata.ID Yogyakarta memiliki banyak hutan pinus, salah satu yang terkenal adalah Hutan Pinus Mangunan Dlingo.

Awalnya hutan ini adalah wilayah yang gersang karena banyak penebangan liar untuk diambili kayu- kayunya.

Kemudian hutan ini dilakukan reboisasi oleh pengelola hutan Mangunan dan menjadi salah satu dari Blok Mangunan. Hutan Pinus Mangunan luasnya sekitar 500 hektare dan pohon yang ditanam tak hanya pinus tapi spesies lain pun ada seperti Akasia, Mahoni, Kemiri, dan Kayu Putih. Kini hutan pinus ini menjadi salah satu objek wisata unggulan yang sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Hutan Pinus Mangunan memang populer sebagai lokasi hunting foto bahkan pre-wedding. Deretan pinus yang tumbuh subur teratur tak kalah cantik dengan hutan-hutan yang sering dijadikan lokasi syuting film di luar negeri.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo berada dekat dengan Hutan Pinus Becici di Jalan Hutan Pinus, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.Jaraknya dari Pusat Kota Yogya sekitar 23 Km dapat ditempuh selama 60 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Berjalan meninggalkan parkir sekitar 50 meter, sebuah gapura kayu bertuliskan Panggung Sekolah Hutan cukup unik menyambut para pengunjung.

Di sebelah dalam ada kios tiket. Kita cukup membayar Rp2.500 per orang untuk memasuki Panggung Sekolah Hutan.

Atmosfer hutan pinus yang tak biasa segera menyergap. Hutan pinus ternyata tak sekadar berisi pokok-pokok pinus, humus daun, satu dua tanaman perdu. Dengan sentuhan kreativitas, hutan bisa jadi tempat wisata sangat menarik dikunjungi. Selain dibuatkan panggung kayu, ada juga titik hammock, taman bunga, dan gardu pandang.

Yang kesengsem keindahan hutan pinus tak hanya mereka. Dalam kunjungan ke Indonesia pada 2017, Barack Obama menyempatkan jalan-jalan sebentar di hutan pinus area Puncak Becici, hanya sekitar 15 menit berkendara dari Pinus Sari. Di sini, selain hutan pinus, pengunjung juga bisa menikmati panorama perbukitan, dan gunung Merapi Merbabu di kejauhan.

Hutan ini sudah memiliki fasilitas yang cukup seperti area parkir yang luas, toilet, dan mushola.

Komentar kamu?