Keindahan Taman Nasional Baluran, Sensasi Savana di Afrika

145 views
0

WartaWisata.ID Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran.

Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan.

Taman Nasional Baluran sudah lama terkenal di kalangan wisatawan berkat pemandangannya yang eksotis. Tanahnya berkarakter gersang, membuat atmosfernya kian mirip dengan Benua Hitam

Lokasi Taman Nasional Baluran Jawa Timur ini digadang-gadang mirip dengan savana yang berada di benua Afrika. Taman Nasional Baluran melindungi hewan-hewan padang rumput seperti banteng, kerbau, rusa, monyet berekor panjang, dan burung pemilik ekor panjang, burung merak. Anda bisa melihat keberadaan mereka yang sedang merumput di tengah savana.

Sekali-sekali, sekawanan rusa akan melintasi kendaraan Anda yang sedang melewati jalan. Pemandangan ini kerap kali dijumpai di padang rumput seperti ini. Seolah-olah Anda akan dibawa jauh melompat ke afrika dengan dilihatkan situasi demikian.

Secara terperinci, tempat wisata ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan bentuk wilayah yang berbeda-beda. Hal ini yang menjadi keunikan taman baluran ini. Luasnya yang mencapai puluhan ribu hektar membuat kawasan ini seperti sebuah desa yang dihuni oleh berbagai macam satwa.

Tempat yang alami ini sering digunakan oleh para ahli maupun mahasiswa untuk penelitian, penelitian ilmu pengetahuan alam, mengembangkan dan menunjang budidaya, selain tujuan utamanya sebagai tempat pariwisata untuk dikunjungi wisatawan. Bagi Anda petualang sejati, jangan lupa untuk menyempatkan waktu berkunjung Kawah Ijen dan Pulau Tabuhan. Anda juga bisa melakukan penelitian di kedua tempat tersebut.

Harga tiket masuk pada hari biasa untuk pengunjung domestik Rp.15.000 dan manca negara Rp.150.000. Untuk hari libur yaitu Rp.17.500 dan Rp.225.000.

Komentar kamu?