Museum Konferensi Asia Afrika, Ikon Sejarah Indonesia di Bandung

810 views
0

WartaWisata.ID Mengunjungi Bandung tidak lengkap kalau belum mengunjungi museum yang juga salah satu icon kota Bandung, Museum Asia Afrika.

Di dalamnya terdapat berbagai foto-foto, diorama serta peninggalan yang berkaitan dengan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu museum yang berada di kota Bandung yang terletak di Jalan Asia Afrika No. 65. Museum ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika.

Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama. Yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika.

Bangunan bergaya kolonial ini merupakan salah satu bangunan iconic kota Bandung yang juga simbol perjuangan dan bersatunya negara-negara di kawasan Asia Afrika untuk melawan segala bentuk penjajahan dan penindasan.

Disamping itu salah satu tujuan dari Konferensi Asia Afrika adalah untuk meredam ketegangan dunia pada saat era perang dingin antara blok barat yang dipimpin oleh Amerika dan blok timur yang dipimpin oleh Uni Sovyet.

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu obyek wisata yang dapat dinikmati secara gratis, cukup dengan mengisi buku tamu yang ada. Pada akhir pekan museum ini buka sejak jam 9 pagi sampai jam 4 sore, namun pastikan tidak datang pada jam 12 siang karena museum ini akan tutup sementara untuk istirahat, dan buka kembali jam 1 siang.

Berbagai kisah sejarah, latar belakang, dan nama-nama peserta delegasi peserta konferensi beserta foto para kepala negara bisa juga ditemukan di museum ini.

Namun yang paling menarik dari museum ini adalah ruang konferensi, tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika pada masa lalu yang hingga kini masih megah dan terpelihara dengan baik.

Komentar kamu?