Pulau Banda, Pulau Bersejarah di Maluku

172 views
0

WartaWisata.ID Pulau Banda atau Banda Naira merupakan salah satu pulau yang terletak sebagai tempat wisata di Maluku Tengah tepatnya di Kepulauan Banda.

Kepulauan Banda terdiri dari sepuluh pulau vulkanis yang tersebar di Laut Banda, ±140 km sebelah selatan Pulau Seram dan 2.000 km sebelah timur Pulau Jawa. Kepulauan seluas 180 km² ini termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku. Kota terbesarnya, Bandanaira, terletak di pulau dengan nama yang sama. Sekitar 15.000 jiwa tinggal di kepulauan ini. Kepulauan ini populer bagi penggemar selam scuba dan snorkeling.

kepulauan Banda merupakan suatu daerah di maluku yang kaya akan sejarah, budaya dan keindahan alam, oleh sebab itu, Banda sudah dikenal oleh masyarakat internasional (wisatawan mancanegara) dari cerita sejarah yang telah menjadikan Banda sebagai tujuan wisata tertua di Indonesia.

Pada zaman penjajahan hingga abad 19 pulau banda menjadi pusat perdagangan rempat-rempahyang juga ada di tempat wisata di Maluku Utara. Selain menjadi salah satu tempat bersejarah di Indonesia, Banda Naira sangat dikenal akan wisata laut yang sangat mempesona. Keindahan alam bawah laut sangat menakjubkan dengan flora dan fauna yang beranekaragam, sekitar 250 spesies biota laut yang hidup di bawah laut pulau banda.

Tak hanya keindahan laut saja yang terdapat di pulau banda, kita dapat mengunjungi Benteng Belgica yang berdiri kokoh sangat megah dan mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Untuk sampai ke Pulau Banda kita dapat menaiki kapal feri dari kota Ambon dan membutuhkan waktu sekitar 1 malam untuk sampai ke pulau banda. Jika kamu berasal dari pulau jawa, kalian bisa menggunakan kapal pelni dari pelabuhan tanjung periok dan perlu diingat kapal pelni ini hanya melakukan perjalan ke banda naira setiap 2 minggu sekali dengan melalui rute Ambon ke Banda Naira.

Komentar kamu?