Desa Doka, Sikka NTT, Budaya Kain Tenun yang Indah

805 views
0

WartaWisata.ID Desa Doka adalah sebuah desa di Kecamatan Bola yang dikenal memiliki tenun kain yang sangat indah. Masyarakat desa Koka sejak dahulu memiliki keahlian menenun kain tradisional dengan beragam corak warna. Lebih mengagumkan lagi bahan pembuatnya diambil dari alam sekitar.

Desa Koka menjadi salah satu contoh pembinaan desa Wisata di Flores. Awalnya atas bantuan penggagas pariwisata yaitu Kornelis Djawa (alm) tahun 1997, Desa Koka mulai menggeliat.

Kemudian sejak tahun 2010, Cletus Lopez putra dari Cornelis Djawa, terus menampilkan atraksi desa dan kearifan lokal dari sebuah kampung di balik gunung ini. Atas jasa keduanya, banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke tempat ini untuk menyaksikan kecantikan kain tenun.

Dari Maumere (ibu kota kabupaten) wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua dan mobil menuju pantai selatan Flores khususnya ke wilayah kecamatan Bola. Desa Doka letaknya sekitar 20 kilometer dari kota Maumere. Di sepanjang perjalanan banyak sekali pesona alam yang memanjakan mata.

Saat tamu datang ke Desa ini warga akan memainkan tarian penyambutan, tarian tradisi, proses pertunjukan pembuatan kain ikat hingga hidangan makanan dan minuman tradisional. Keramahtamahan warga desa Koka merupakan daya tarik tersendiri yang tidak bisa dilewatkan saat anda berkunjung ke sana.

Komentar kamu?