Danau Weekuri, Laguna yang Tersembunyi di Sumba

231 views
0

WartaWisata.ID Danau Weekuri adalah danau air asin yang terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Danau Weekuri terletak sekitar 60 kilometer dari ibukota kabupaten Tambolaka.

Nama Weekuri diambil dari bahasa Sumba yang berarti air hasil serapan karang yang menerobos ke daratan kemudian membentuk danau. Dalamnya sekitar 2,5 meter dan dikelilingi oleh karang kokoh berwarna cokelat juga banyak bebatuan eksotis dan membuat mata terpanah.

Keindahan air biru yang serasi dengan langit membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Karena masih sepi pengunjung, kamu bisa puas berenang ke sana ke mari. Dengan kadar garamnya yang tinggi, kamu juga bisa mengapung di danau ini. Dijamin serasa memiliki kolam alami pribadi. Selain berenang, kamu pun juga bisa bermain pasir putih di tepiannya. Di sudut lain juga terdapat rumah kecil dari kayu yang bisa kamu gunakan untuk berteduh.

Danau Weekuri dikelilingi oleh batuan cantik yang sering disambangi pengunjung sebagai tempat berteduh. Mulai dari batuan gua yang membentuk stalaktit hingga stalagmit. Selain itu ada juga batuan karang yang ditumbuhi oleh tumbuhan seperti kaktus. Kalau diperhatikan, di tengah-tengah karang juga menjadi tempat kawanan tawon untuk singgah dan berkembang biak.

Beberapa titik air di Danau Weekuri memiliki gradasi warna yang cantik. Ada yang berwarna biru, kehijauan, hingga putih dari pantulan dasar danau. Saat berenang di sini, kamu juga bisa merasakan suhu air yang berbeda-beda. Ada yang hangat ada juga yang dingin.

Yang perlu kalian ketahui, kalau akses menuju Danau Weekuri masih terbilang cukup sulit. Ada beberapa titik jalan yang masih belum berlapis aspal. Kamu harus berhati-hati karena jalan bisa menjadi licin. Petunjuk jalan menuju Danau Weekuri juga masih minim. Makanya, jangan segan-segan untuk bertanya pada penduduk sekitar mengenai arah menuju danau

Kalau kamu mau berkunjung ke Danau Weekuri, waktu yang dianjurkan adalah mulai jam 4 sore. Di waktu ini, kamu bisa melihat air danau yang sangat biru dari pantulan sinar matahari yang telah bergerak ke barat.

Komentar kamu?