Air Terjun Lapopu, Air Terjun Tertinggi di NTT

1,129 views
0

WartaWisata.ID Air Terjun Lapopu merupakan sebuah air terjun yang terletak di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur serta berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 90 meter dengan tipe berudak-undak. Air terjun Lapopu berada di tepi Sungai Wanokaka dan bersumber dari pecahan sungai Labariri yang muncul dari gua. Airnya jernih berwana hijau toska dan deras. Pemandangan alam yang indah dan alami membuat air terjun ini kerap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Air terjun Lapopu berjarak sekitar 30 Km dari Waikabubak, ibu kota Sumba Barat ditempuh dengan kendaraan sewa hingga ke Wanokaka. Akses jalan menuju air terjun cukup baik, dari pos masuk harus menyebrangi jembatan bambu kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki beberapa menit untuk sampai. Bagi yang ingin berada di bawah guyuran air terjun harus berenang menyebrangi sungai yang cukup dalam dan berarus.

Sungguh keberadaan air terjun ini bak ‘oase’ dan surga tersembunyi di tengah teriknya matahari dan keringnya udara di Sumba. Mulai dari danau, pantai, gua, sawah, desa adat, hingga air terjun, semua hampir dimiliki oleh kekayaan Pulau Sumba. Pernah menjadi salah satu lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas yang disutradarai oleh Mira Lesmana membuat air terjun ini menjadi semakin ramai dibicarakan di media sosial.

Setibanya di pintu masuk air terjun, pengunjung dapat melakukan registrasi ke petugas penjaga taman nasional dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000 saja.

Selain sebagai tempat wisata favorit, ternyata Air Terjun Lapopu ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air bagi masyarakat setempat dan berpotensial sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro listrik.

Komentar kamu?