Bukit Pampaea, Keindahan Bukit Teletubies di Bombana

170 views
0

WartaWisata.ID ak hanya ada di kawasan Bromo dan dataran tinggi Dieng, Bukit Teletubies ternyata juga ada di Bombana, Kendari, Sulawesi Tenggara. Sebagian orang menyebutnya Bukit Teletubies, sebagian lainnya menamakan Bukit Pampaea.

Untuk sampai ke bukit bergelombang yang dipenuhi rerumputan ini, dari kota Kendari menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan menempuh jarak 135 km. Dikelilingi dengan pemandangan indah, perjalanan akan lebih menyenangkan apabila menggunakan sepeda motor.

Saat di Bukit Teletubies, pengunjung dapat menyaksikan sejuta keindahan alam yang eksotis, serta berbeda dari wisata-wisata lainnya.

Bukit Pampaea dapat dicapai dengan mudah melalui jalan trail sepanjang 10 km dari jalan Poros Tinanggea-Lantari Jaya.
Di sepanjang bukit, jalan trail telah mengalami pengerasan alami karena tanah di Bukit Pampaea tersusun atas batu-batuan, pasir dan kerikil.

Luasnya lebih dari 1500 ha dan didominasi oleh ekosistem savanna. Lahan berhutan dijumpai membentuk spot-spot dan biasanya hanya tumbuh di sekitar aliran sungai atau genangan air (rawa). Ekosistem ini tergolong unik karena rumput yang tumbuh selalu pendek, baik pada musim penghujan maupun kemarau.

Ketinggiannya tidak melebihi lutut orang dewasa. Ini berbeda dengan kondisi umum savanna lainnya dimana pada musim penghujan rumput bisa mencapai ketinggian orang dewasa sedangkan musim kemarau nyaris habis karena kering. Faktor penyebabnya adalah lahan yang didominasi oleh pasir, kerikil dan bebatuan sehingga rumput atau pohon sulit tumbuh.

Komentar kamu?