Kampung Wae Rebo, Kampung Terindah di NTT

763 views
0

WartaWisata.ID Kampung Wae Rebo Adalah sebuah kampung kuno yang telah dihuni hingga 19 generasi. Terletak di ketinggian 1200 mdpl di Kabupaten Manggarai, kampung ini memiliki tujuh rumah adat berbentuk kerucut. Pesona Wae Rebo yang menarik wisatawan mancanegara ini berada pada niang mbaru, sebutan untuk rumah adat yang berbentuk kerucut. Uniknya, atap rumah adat ini terbuat dari dari daun lontar.

Untuk mencapai Wae Rebo, kalian perlu mendaki selama tiga jam. Namun, jangan khawatir, kalian tidak akan merasa lelah karena pemandangan sekitarnya sangat menakjubkan: hutan hujan hijau yang mengelilinginya merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang indah.

Beragam tanaman seperti anggrek, pohon palem, dan pakis, akan kalian temui sepanjang perjalanan. Tak ketinggalan, suara kicau burung yang merdu pun menuntun langkah Anda menuju Wae Rebo.

Di Wae Rebo, ada upacara sambutan bernama Waelu. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan selamat datang kepada turis atau wisatawan dan dipimpin oleh ketua suku.

Selain penyambutan, melaui upacara Waelu, Anda juga diberkati dengan doa-doa kebaikan dan keselamatan saat tinggal di Wae Rebo.

Meski berada di lokasi terpencil, tetapi Anda tidak akan bosan di sini. Anda bisa bergabung dan beraktivitas layaknya penduduk lokal.

Komentar kamu?