Tiom, Kota Baru di Lanny Jaya

907 views
0

WartaWisata.ID Tiom adalah sebuah distrik yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Kota baru yang masih dalam tahap pembangunan punya panorama cantik dan penduduk yang bersahabat.

Beribukota di Tiom, wilayah baru ini didirikan delapan tahun silam. Sebagai daerah yang relatif baru, tentu saja pemerintahannya sedang giat-giatnya melakukan pembangunan, dari membangun hotel, bank sampai perkantoran. Ini menjadi sesuatu menarik ketika kita belum pernah melihat atau merasakan denyut sebuah kota baru.

Populasi di Tiom sekitar 90.000 jiwa saja. Kios yang menjual sembilan bahan pokok pada umumnya dikelola oleh pendatang dari Makassar, Sulawesi Selatan, dan sedikit dari Jawa Timur.

Untuk mencapai Lanny Jaya, dari Jakarta kita terbang ke Jayapura, lalu terbang lagi ke Wamena.

Di Lanny Jaya, banyak anggrek kuning tumbuh subur. Tanaman itu menjadi bahan utama untuk membuat noken, tas khas Papua yang biasanya dibuat dari serat anggrek.

Dengan kekayaan perbukitan yang mengelilingnya tersebut Tiom sebenarnya menyimpan potensi wisata olahraga. Di antaranya paramotor dan paralayang, juga kegiatan wisata petualangan berupa climbing dan hiking, bahkan motocross.

Komentar kamu?