Wisata Air Panas di Puncak Papua yang Unik

772 views
0

WartaWisata.ID Meski terkenal sebagai daerah yang cukup dingin karena berada di bawah kaki Gunung Puncak Salju Abadi Cartenz, namun Kabupaten Puncak, ternyata menyimpan sejumlah potensi wisata lain yang belum dikenal oleh masyarakat umum, salah satunya adalah kolam air panas yang terdapat di kampung Mayuberi, Mayuberi adalah kampung yang berada di distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Untuk menuju ke kolam air panas ini, wisatawan menggunakan kendaraan roda empat, dengan waktu perjalanan 20 menit,bisa juga jalan kaki dengan jarak waktu 50 menit,dari Ibu Kota Kabupaten Ilaga,sebab jalan menuju ke kampung tersebut sudah dibangun oleh pemerintah Daerah,meski belum diaspal.

Yang menariknya, selain kolam air panas yang begitu hangat, masyarkat yang terkena penyakit kulit juga bisa mandi di kolam tersebut, dan penyakit kulit bisa hilang, karena kolam tersebut ternyata memiliki kandungan belerang juga, sehingga membantu mengatasi penyakit kulit.

selain itu pemandangan kondisi kampung yang begitu indah, rumah adat setempat honay, dan juga jembatang gantung yang dirakit secara tradisonal, juga bisa ditemui di kampung tersebut, sehingga mereka yang ingin menunjungi daerah tersebut, akan menikmati keindahan alam setempat, belum lagi dengan masyarakat yang begitu ramah, ketika ada yang mengunjungi kampung tersebut.

Terkait dengan potensi tersebut, maka pihakanya sudah mengiktruksikan kepada Dinas terkait untuk lebih serius dalam menata potensi-potensi alam atau situs-situs bersejarah ini, sehingga ke depan bisa menjadi objek wisata, semakin banyak orang datang untuk melihat situs bersejarah tersebut, bisa mendatangkan pendapatan daerah, lebih khusus bagi masyarakat setempat.

Bahkan bagi mereka yang suka akan olahraga pendakian gunung, bisa juga ke Puncak, karena Kabupaten ini memiliki sejumlah gunung tertinggi, selain puncak Cartenz yang terkenal dengan salju abadi, ada juga gunung kelabu, bahkan ada juga kolam warna.

Komentar kamu?