Sungai Mamberamo, Amazon di Mamberamo Raya, Papua

309 views
0

WartaWisata.ID Mamberamo Raya adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Papua. Ibukota Kabupaten ini terletak di Burmeso. Nama “Mamberamo” berasal dari bahasa Dani. Mambe berarti ‘besar’ dan Ramo berarti ‘air. Mamberamo dijuluki Amazon dari Papua. Lantaran Bentang alamnya memiliki keunikannya tersendiri.

Yang membuat Mamberamo Raya dijuluki sebagai “Nadi Tanah Papua” boleh jadi karena daerah ini dilintasi sungai Mamberamo sepanjang 670 km. Sungai yang menjadi penghidupan masyarakat Mamberamo Raya.

Sungai Mamberamo adalah sebuah sungai sepanjang 670 km. Sungai yang menjadi penghidupan masyarakat Mamberamo Raya. Oleh karenanya Mamberamo dijuluki Amazonnya Papua. Sungai Mamberamo merupakan sungai dengan lebar terbesar di Indonesia.

Sumber air sungai ini berasal dari pertemuan antara beberapa anak sungai utama, yaitu Tariku, Van Daalen dan Taritatu. Air mengalir ke arah utara melalui lembah Pegunungan Van Rees guna mencapai bagian delta yang berawa dataran rendah. Sungai ini akhirnya bermuara di Samudra Pasifik di titik utara Tanjung D’Urville. Danau Rombebai dan Bira terletak di sepanjang aliran sungai.

Potensi alam yang terdapat di sekitar sungai ini ialah batu bara, gas alam, dan emas. Beberapa spesies baru yang ditemukan di hutan tropis Sungai Mamberamo antara lain kupu-kupu hitam dan putih, katak berhidung panjang,dan pergam kaisar. Ada juga ditemukan spesies endemik seperti kelelawar kembang baru, tikus pohon kecil, semak belukar berbunga, dan wala-bi kecil. Kawasan hutan sekitar sungai ini juga dihuni oleh 143 jenis burung, termasuk cendrawasih burung yang dijuluki bidadari dari surga.

Potensi flora di Mamberamo dihuni sekitar 300.000 hektare hutan sagu. Sagu-sagu itu tumbuh subur di sepanjang sungai, terutama di bagian hilir dan rawa-rawa.Selama ini, sagu hanya dijadikan makanan utama bagi penduduk lokal.

Komentar kamu?