Pesona Sungai Tamborasi sebagai Sungai Terpendek Kedua di Dunia

362 views
0

WartaWisata.ID Sungai Tamborasi yang berada di Sulawesi Tenggara tepatnya di Kabupaten Kolaka ini menjadi sungai yang terpendek kedua di dunia setelah sungai Reprua di Georgia yang mempunyai panjang 18 meter. Sungai Tamborasi hanya mempunyai panjang sekitar 20 meter dan lebar 15 meter.

Sungai ini terkesan seperti sebuah danau, tetapi aliran air yang mengalir membuktikan bahwa ini adalah sungai. Air sungai yang berasal dari sebuah mata air yang berada diantara bebatuan tebing yang segar. Hulu di Sungai ini berhubungan langsung dengan laut Pantai Tamborasi.

Udara di sekitar sungai juga sangat sejuk karena beratapkan pepohonan yang rindang. Keunikan Sungai Tamborasi adalah memiliki hulu dan hilir dalam satu tempat. Dimana letak hulu sungai hanya berjarak sekitar 20 meter dari hilir yang bermuara langsung ke laut.

Dan hamparan pasir putih di sekitar pantai dan hilir sungai, juga ikut menambah keindahan di tempat wisata ini. Bukan hanya itu, sungai ini juga memiliki dua jenis air, yakni air tawar yang dingin dan air laut yang terasa hangat. Nah dengan demikian, jika ingin berenang atau mandi di sana, Anda memiliki dua pilihan sensasi air yang berbeda.

Di dalam hutan sekitar Sungai Tamborasi pun dihuni oleh berbagai satwa salah satunya satwa khas Sulawesi, yaitu monyet bulu emas. Anda pun bisa temukan beberapa jenis binatang hutan dan beberapa spesies burung, serta beragam tumbuhan laut, karena suasana alam di sekitar sungai ini masih terbilang alami. Olehnya itu, semua keindahan dan keunikan yang ada Sungai Tamborasi ini, sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja, terutama ketika Anda sedang bepergian di Kabupaten Kolaka.

Sungai dan pantai Tamborasi pun sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas, sebut saja toilet hingga gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Komentar kamu?