Taman Nasional Lorentz, Eksotisnya Alam di Papua

265 views
0

WartaWisata.ID Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu cagar alam yang berlokasi di antara Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Fak-Fak. Taman Nasional Lorentz ini memiliki luas 2.4 juta Hektare dan menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Tak hanya itu, pada tahun 1999, taman ini resmi dikukuhkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO.

Sejak 30 ribu tahun silam, Taman Nasional Lorentz sudah didiami oleh suku asli Papua, yakni Suku Sempan, Suku Nduga, dan Suku Asmat. Nama Taman Nasional Lorentz sendiri merupakan pemberian seorang penjelajah asal Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz.

Taman ini sangat asri dan memiliki keindahan yang luar biasa. Di Taman Nasional Lorentz ini terdapat persedian mineral dan pertambangan berskala besar, sekitar 630 jenis burung dan 123 mamalia mendiami kawasan ini. Bahkan dikatakan bahwa taman ini menjadi wilayah dengan ekosistem terlengkap di dunia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ayoketamannasional (@ayoketamannasional_official) on

Bayangkan saja, betapa masih alaminya Taman Nasional Lorentz, tak sedikit wisata yang ingin menjelajahi taman nasional satu ini. Selain dapat digunakan sebagai penelitian, tempat ini juga menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki keindahan alam menakjubkan.

Komentar kamu?