Kobakma, Kota Indah Yang Kaya di Pedalaman Mamberamo Tengah

423 views
0

WartaWisata.ID Kobakma adalah sebuah distrik di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua.

sebuah kabupaten yang terbilang baru, hasil pemekaran dari Kabupaten Jayawijaya tahun 2008 silam. Dijuluki sebagai kota biru, karena hampir seluruh bangunannya berwarna biru, dan bangunan berwarna biru tersebut hampir semuanya dibangun oleh pemerintah daerah setempat.

Untuk menuju kota Kobakma, jalur yang paling populer ialah menggunakan pesawat kecil dengan kapasitas 8 penumpang; pesawat twin otter. Ada 2 rute penerbangan yang bisa ditempuh yakni Jayapura – Kobakma atau Wamena – Kobakma.

Sementara, untuk jalur darat (trans Papua), memang sudah terbuka, yakni Wamena – Kobakma, namun sepertinya belumlah ramai.

Kesulitan geografis menjadi salah satu penyebab tingginya harga barang di Ibukota Kabupaten Mamberamo Tengah, Kobakma. Betapa tidak, untuk mengangkut berbagai barang kebutuhan baik untuk keperluan aparat pemerintah maupun untuk kebutuhan masyarakat maka mau tidak mau harus diangkut melalui udara.

Tentu saja hal ini membutuhkan biaya tinggi sebab belum ada jalur transportasi darat yang dapat menghubungkan Kobakma dengan Wamena sehingga berbagai barang kebutuhan rakyat dapat diangkut melalui jalur transportasi darat.

kondisi ini sangat berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan primer masyarakat. Tak heran harga kebutuhan ekonomi di Kobakma, tergolong mahal. misalnya untuk satu kilo gula pasir mencapai Rp 50 ribu, beras 1 kg Rp 30 ribu, dan minyak tanah Rp 20 ribu per liternya.

Memang sangat sulit dan bisa dibayangkan betapa harga barang menjulang tinggi. Meski tergolong sangat tinggi namun harus dibeli karena tidak ada lagi alternatif lain.

Tetapi, Kobakma adalah kota yang indah. Kabarnya, Mamteng memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa; potensi hutan dan kekayaan bawah bumi yang perlu dikaji lebih dalam lagi.

Komentar kamu?