Kemenpar Gandeng Sea Safari Cruises Gelar Underwater Photo Competition

“Potensi wisata bahari kita memang kelas dunia! Sudah banyak yang mendapat penghargaan dari berbagai pihak. Sebut saja Raja Ampat Papua, Alor NTT, Lembongan Bali, dan Lembeh Sulawesi Utara. Semua punya daya tari yang memikat. Meski begitu, kita tidak boleh terlena dan puas sampai di sini. Harus terus digali dan dipromosikan agar semakin banyak wisatawan yang datang,”

179 views
0

WartaWisata.ID – Kementerian Pariwisata (Kemenpar), bersama Sea Safari Cruises, menggelar Underwater Photo Competition 2019. Kegiatan yang dibuka hingga 31 Mei ini akan memperebutkan hadiah menari berupa paket wisata ‘Free Trip for 6D5N’.

Tim Ahli Co-Branding Wonderful Indonesia Ravita Datau berharap para peserta dapat mengirimkan foto-foto yang diambil sendiri oleh peserta. Selain originalitas, syarat utama lainnya adalah foto-foto untuk lomba harus diambil dari objek wisata bawah laut yang berada di wilayah Indonesia.

“Foto harus sudah diunggah di media sosial, khususnya Instagram, dengan memberi tagar #sscohotocomp. Jangan lupa mention akun @seasafari.cruises @tiket.com dan @telkomsel,” ujarnya, Senin (18/2).

Ravita Datau menjelaskan, foto yang diikutsertakan oleh peserta untuk lomba, sebaiknya lebih dari satu atau sebanyak-banyaknya agar peluang menjadi pemenang terbuka lebar. Selain penilaian juri, pemenang juga ditentukan berdasarkan “like” terbanyak di medsos. Pemenang akan diumumkan pada 1 Juni 2019.

“Hadiah untuk lomba ini dibedakan dalam dua kategori peserta, yaitu wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Hadiah dari sponsor kerja sama Tiket.com dan Telkomsel yaitu berupa paket wisata ‘Free Trip for 6D5N’. Pemenang akan menjelajah Labuhan Bajo-Komodo-Labuhan Bajo, atau Sorong-Raja Ampat-Sorong selama tujuh hari dan enam malam,” bebernya.

Ravita menambahkan, semua sudah termasuk tiket berangkat dan kembali ke ‘homebase’ pemenang ke Labuhan Bajo atau Sorong. Selain itu, masih ada voucer diskon sebesar Rp1 juta untuk menginap di hotel, serta free internet satu minggu dan Rp500 ribu free call. Untuk lebih jelasnya, peserta bisa klik http://www.divingseasafari.com dan Sea Safari Cruises-Indonesia Diving Liveaboard.

Sementara itu, Direktur Marketing Sea Safari Cruise Eva Tanudjaja mengaku mendukung penuh kegiatan ini. Menurutnya, selama ini kekayaan alam bawah laut Indonesia telah memukau wisatawan terutama dari mancanegara. Antara lain kawasan Raja Ampat yang menjadi salah satu dari 10 objek wisata underwater terbaik di dunia. Wisata ke tempat ini sejak lama telah menjadi paket andalan yang ditawarkan oleh Sea Safari Cruises.

Namun demikian, Eva mengakui bahwa ekspos terhadap potensi pariwisata alam tersebut masih perlu ditingkatkan. Promosinya bisa diangkat lebih baik, salah satunya harus didorong dengan menunjukkan visualisasi objek wisata tersebut dalam bentuk fotografi.

Direktur Utama Sea Safari Cruises Djainuddin mengatakan, dengan kerja sama ini, membuktikan bahwa kepercayaan Kemenpar RI kepada pihaknya dapat berjalan baik. Hal itu juga menunjukkan bahwa ada upaya pemerintah RI lewat Kemenpar, untuk terus mendukung pihak swasta yang bergerak di bidang pariwisata. Ini dukungan yang besar agar Sea Safari Cruises bisa melayani para wisatawan domestik dan mancanegara dengan lebih baik.

Djainuddin menegaskan, pihaknya akan makin gencar mendukung program-program yang dijalankan Kemenpar. Sebagai contoh, tahun lalu Sea Safari Cruises berkesempatan mengikuti pameran wisata di luar negeri. Hal itu selaras dengan target yang ingin dicapai untuk peningkatan okupansi sebanyak 90 persen di tahun 2019.

“Tahun lalu okupansi kami masih 70 persen sehingga kami yakin penandatanganan ini bisa mendukung upaya kami tersebut. Saat ini, Sea Safari Cruises tengah menambah paket wisata terbaru, yaitu sport fishing,” terangnya.

Bagi para wisatawan yang berminat, mereka bisa menyewa ‘mother board’ untuk kegiatan tersebut. Belum termasuk layanan paket wisata berlayar yang makin diminati seiring perkembangan kepariwisataan Indonesia.

Masih terkait lomba, Djainuddin merespons positif. Sebagai brand yang digandeng Kemenpar untuk kampanye Wonderful Indonesia, pihaknya tentu ingin semakin mempopulerkan wisata bawah laut Indonesia yang memang patut dibanggakan untuk dipromosikan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, salah satu cara terbaik untuk menjadikan yang terbaik adalah dilombakan. Melalui pertisipasi masyarakat, destinasi-destinasi pilihan, dalam hal ini keindahan alam bawah laut Indonesia, akan terangkat dan dikenal wisatawan secara lebih luas.

“Potensi wisata bahari kita memang kelas dunia! Sudah banyak yang mendapat penghargaan dari berbagai pihak. Sebut saja Raja Ampat Papua, Alor NTT, Lembongan Bali, dan Lembeh Sulawesi Utara. Semua punya daya tari yang memikat. Meski begitu, kita tidak boleh terlena dan puas sampai di sini. Harus terus digali dan dipromosikan agar semakin banyak wisatawan yang datang,” tandasnya. (*)

Komentar kamu?