Taman Nasional Pulau Togean Destinasi Wisata yang Indah nan Mempesona

553 views
0

WartaWisata.ID Taman Nasional Kepulauan Togean adalah sebuah sebuah taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah

Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain: menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing
,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Kabalutan.

Dibentuk oleh aktivitas vulkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau.

Kepulauan Togean masuk dalam Gugusan Teluk Tomini dan dikelilingi oleh lebih dari 50 pulau kecil, dan ada juga beberapa Pulau yang sudah sangat terkenal didunia pariwisata seperti Pulau Una – Una, Pulau Malenge, Pulau Talatakoh, Pulau Batudaka, Pulau Waleakodi, dan juga Pulau Waleabahi.

Yang Menarik dari Kepulauan Togean ini adalah hutan mangrove dan juga padang lamun pantai yang berupa padang Rumput pantai sebagai Sumber makanan dari mamalia laut dugong atau yang lebih dikenal dengan Duyung. Di Kepulauan Togean ini juga anda dapat menjumpai beberapa spesies penyu langka seperti penyu hijau dan penyu sisik yang menambah keindahan pantai di sekitar Kepulauan Togean.

Beberapa hal yang jarang anda temui ditempat – tempat wisata lain dapat anda temui disini salah satunya yaitu mangrove, ada 33 jenis mangrove yang tumbuh di kepulauan tersebut 19 jenis mangrove sejati dan 14 jenis mangrove ikutan. yang mana dari keseluruhan 33 jenis mangrove tersebut dikelompokan dalam 21 familia dan 26 genus.

Untuk dapat sampai di Kepulauan Togean apabila mengambil rute dari Jakarta, anda dapat menggunakan Pesawat Domestik menuju ke Palu, lalu dari Bandara Palu anda dapat menyewa Taksi untuk menuju ke Ampana dengan tarif sekitar 50 ribu, kemudian dari Ampana anda lanjutkan menuju Togean. Bagi para Wisatawan yang ingin mencari Penginapan, di Kepulauan Togean terdapat banyak sekali penginapan seperti wisama dan juga Cottage dengan tarif sekitar 150 ribu sampai dengan 400 ribu perhari.

Komentar kamu?