Pulau Segajah, Keunikan Pulau yang Hilang di Malam Hari

406 views
0

WartaWisata.ID Pulau Segajah adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara Provinsi Kalimantan Timur.

Jaraknya berdekatan dengan Pulau Beras Basah. Pulau ini merupakan salah satu objek wisata bahari unggulan Kota Bontang. Pengunjung dapat melakukan snorkling, diving, atau hanya berjemur menikmati keindahan pulau. selain itu bagi pecinta fotografi, tempat ini biasanya menjadi salah satu objek andalan untuk para fotografer.

Pulau Segajah memiliki hamparan pasir putih yang halus. Air lautnya begitu jernih, hingga terlihat banyak bintang laut yang menghuni, bahkan kita juga bisa temukan clown fish. Dari sekian banyak dominasi bintang laut yang berwarna cokelat dan kemerahan, terdapat sedikit bintang laut berwarna biru. Namun ingat, perlu ekstra hati-hati jika mencoba masuk ke dalam air, disana terdapat karang-karang kecil yang ditempeli bulu babi. saat air surut banyak warga sekitar mencari kerang di sekitar bibir pantai pulau ini.

Selain pemandangan yang indah, pasir putihnya yang halus serta airnya yang sangat jernih, Pulau ini juga memiliki keunikan yaitu bentuk pulaunya yang menyerupai hewan Gajah. Dari situlah pulau ini disebut pulau segajah. selain itu pulau ini memiliki satu keunikan yang tidak dimiliki pulau lain. keunikan ini adalah keterbatasan waktu yang di berikan kepada wisatawan untuk mengunjungi pulau ini. Keunikan ini disebabkan karena pulau ini hanya terlihat atau timbul pada saat siang hari sehingga Wisatawan hanya dapat mengunjungi pulau ini saat siang hari saja.. Pada malam hari pulau ini akan hilang karena air di tempat tersebut mengalami pasang sehingga menyebabkan pulau segajah tenggelam.

untuk mengunjungi Pulau ini kita bisa menggunakan Bus AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi) dengan tujuan ke pelabuhan yang ada di Bontang Kuala. Dari sini, kita bisa menyewa perahu atau kapal motor dengan jarak tempuh sekitar 20 hingga 30 menit perjalanan

Komentar kamu?