Batu Dinding Mahakam Ulu yang Eksotis

1,222 views
0

WartaWisata.ID Batu Dinding di daerah Mahakam Ulu terhampar bagai dinding raksasa dengan ketinggian hampir 100 meter dengan panjang 800 meter. di Batu Dinding juga terdapat makam tua yang berbentuk Lungun (peti mati) berbentuk pondok kecil yang terbuat dari kayu untuk makam raja atau kepala suku.

Mahakam Ulu adalah salah satu kawasan perbatasan darat yang secara geostrategic merupakan pintu gerbang dari wilayah Indonesia ke Wilayah Malaysia (Serawak). Kabupaten Mahakam Ulu dibentuk pada Tahun 2013 dengan ibukota Ujoh Bilang yang terletak di Kecamatan Long Bangun.

Berwisata ke Kalimantan banyak menantang fisik dan nyali. Bagaimana tidak untuk mencapai lokasi Batu Dinding, batu dinding kalimantan timurperjalanan menuju Kabupaten Mahakam Ulu ditempuh selama 10 jam dari Samarinda menuju Tering di Kutai Barat dengan menggunakan mobil, kemudian dilanjutkan dengan speedboat selama 3 jam untuk tiba di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun yang merupakan ibukota Kabupaten Mahakam Ulu. Batu Dinding akan menjadi pemandangan utama dalam perjalanan ini.

Untuk mencapai Long Bagun dari Tering menggunakan Motor Boat akan memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Biaya untuk menumpang di Speadboat sekitar Rp. 300.000. alternative perjalanan yang lebih murah anda dapat menggunakan kapal kayu, seperti kapal penumpang dan kapal barang yang lebih besar, hanya saja waktu tempuh perjalanan membengkak menjadi 10-12 Jam.

Di sepanjang Sungai Mahakam Ulu kita bisa menjumpai keramaian kapal, speed boat dan ketinting yang hilir mudik melintasi Sungai Mahakam. Kita juga bisa melihat perkampungan penduduk yang berada di sepanjang sungai.

Di setiap perkampungan terdapat dermaga kecil untuk naik turunnya penumpang kapal/speed boat dan mengisi BBM untuk kapal/speedboat. Karena di tempat ini tidak terdapat SPBU layaknya di kota besar melainkan melalui pengisian BBM terapung.

Begitu pula jika kita akan beristirahat untuk makan. Maka akan ada beberapa rest area terapung untuk kita beristirahat sejenak sambil menikmati santapan siang di pingir Sungai Mahakam. Selain itu terdapat pula makam Datuk Keramat Seikh Abdu Saman Bin Seikh Abdullah yang wafat pada tahun 1778 yang dapat wisatawan kunjungi.

Pastikan anda membawa lotion pengusir nyamuk, karena di pedalaman nyamuk adalah kawan setia perjalanan anda.

Komentar kamu?