Bunut Bolong, Pesona Pohon Raksasa yang Menyimpan Mitos

800 views
0

WartaWisata.ID Bali yang dikenal masih kental dengan adat dan budayanya, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain alamnya, aura mistis dari alam di Pulau Dewata masih tetap diyakini hingga turun temurun. Salah satunya wisata alam Bunut Bolong yang berada di lokasi Desa Manggis Sari, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Keunikan Pohon Bunut Bolong, yang dikenal keramat ini adalah bentuk batang pohon binunt yang menyerupai terowongan yang terletak di jalan raya. Dinamai Bunut Bolong, karena di lokasi tumbuh pohon bunut besar berumur ratusan tahun yang bagian akarnya membentuk sebuah lorong. Banyak kendaraan dengan berbagai ukuran melintas pada pohon tersebut karena letak Pohon Bunut Bolong adalah jalur alternatif Jembrana, Tabanan, dan Buleleng.

Jalan tempat lokasi Pohon Bunut Bolong memang kerap menjadi perlintasan masyarakat Bali. Terlebih, jalanan ini merupakan jalan alternatif yang menghubungkan antara Jembrana dan Buleleng dengan Buleleng. Selain itu, karena keunikannya, Pemerintah Kabupaten Jembrana juga memasukkan tempat ini dalam katalog tempat wisata di wilayahnya.

Pohon berlubang raksasa ini terbentuk secara alami. Lubang berukuran relatif besar yang ada pada pohon ini terbentuk karena akar-akar yang tubuh seiring dengan usia pohon tersebut. Hingga akhirnya, pemerintah setempat membangun jalan raya yang melintasi tepat bagian tengah akar.

Keunikan Pohon Bunut Bolong ini sanggup menarik perhatian para wisatawan. Terlebih, keunikannya menjadikan pohon tua raksasa ini jadi objek foto yang menarik. Bagi masyarakat Bali, pohon ini juga menyimpan sisi mistis. Terbukti dengan keberadaan tempat persembahyangan yang berada di samping pohon tua ini.

Mitos yang berkembang di masyarakat mengenai Pohon Bunut Bolong, adalah jika sepasang calon pengantin melewati terowongan tersebut dipercaya tak akan hidup langgeng. Selain itu, pohon ini juga tidak boleh dilalui oleh rombongan atau ambulan yang membawa jenazah. Karena dipercaya rohnya akan terikat dan gentayangan. Oleh sebab itu masyarakat sekitar membangun jalan pintas di samping poon Bunut Bolong ini.

Para pengunjung yang tertarik menyaksikan keunikan Pohon Bunut Bolong tidak perlu membayar biaya masuk sepeserpun. Anda bisa datang langsung, karena lokasinya memang berada di tengah jalan. Jangan khawatir mengenai fasilitas pendukung. Di sekitar tempat ini, ada juga beberapa warung yang menjanjakan berbagai jenis makanan dan minuman.

Komentar kamu?