Taman Nasional Taka Bonerate, Kawasan Atol Terbesar Ketiga Dunia

161 views
0

WartaWisata.ID – Taman Nasional Taka Bonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas total dari atol ini 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km². Kawasan ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Taka Bonerate sendiri berawal dari pembentukan cagar alam yang berdasarkan pada SK Menteri Kehutanan RI tahun 1989, lalu status Taka Bonerate dinaikkan menjadi Taman Nasional berdasarkan SK Menteri Kehutanan RI pada tanggal 15 Maret 2001 dengan luas 530.765 hektar.

Taman Nasional Taka Bonerate terbagi ke dalam empat Zonasi, yakni Zona Inti seluas 8.341 hektar, Zona Perlindungan Bahari seluas 21.188 hektar, Zona Pemanfaatan seluas 500.879 hektar, dan Zona Khusus seluas 357 hektar. Kegiatan pariwisata berlangsung di dalam Zona Pemanfaatan.

Datang ke Taman Nasional Laut seluas Taka Bonerate yang memiliki banyak pulau karang tentu saja harus melakukan wisata selam. Total terdapat 43 titik penyelaman di Taka Bonerate, yang paling populer adalah Jinato Wall Paradise yang keindahannya diaebut layaknya di surga. Tempat menyelam lainnya adalah di Mercusuar, River Spot, Sumur Ikan, dan Corina Corner.

Lelah menyelam? Kamu bisa bermain dan memberi makan bayi hiu Black Tip di Pulau Tinabo, bayi hiu-bayi hiu ini berenang ke perairan dangkal di pantai sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan, tanpa perlu snorkeling ke tengah laut.

Letaknya yang jauh dari daratan dengan perkampungan kecil membuat pulau-pulau di dalam Taman Nasional Taka Bonerate ini memiliki polusi cahaya yang rendah sehingga menjadi tempat yang sempurna untuk mengamati bintang gemintang di langit pada malam hari. Siang harinya traveler bisa mengamati burung-burung yang menyinggahi Kepulauan Selayar.

Suku Bajo pun ada di Taka Bonerate, mereka tinggal di pulau pasir-pulau pasir di Selayar dan bisa dikunjungi, terutama pada saat Festival Bajo, diwaktu masyarakat Bajo memamerkan budaya mereka seperti Pencak Silat dan permainan pedang.

Tertarik ke Taman Nasional Taka Bonerate? Pertama traveler harua sampai dulu ke Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Bandara, pelancong bisa naik Bus umum dari terminal bus Mallengkeri di Makassar yang rutenya menuju Kota Benteng di Kepulauan Selayar.

Perjalanan darat-laut ini akan menumpang kapal feri saat menyeberang dari pelabuhan Bira di Bulukumba menuju ke pelabuhan Pamamata di Selayar. Rute ini dapat ditempuh dalam waktu 9 jam perjalanan, termasuk istirahat dalam perjalanan.

Cara lain untuk ke Taka Bonerate adalah dengan menumpang pesawat dari Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar menuju ke Bandara H. Aeroppala di Selayar. Penerbangan ini akan memakan waktu 40 menit.

Komentar kamu?