Danau Batur, Danau dengan Pemandangan yang Eksotik

505 views
0

WartaWisata.ID Danau Batur adalah danau kawah di Kintamani, Kabupaten Bangli di Bali, terletak sekitar 30 km di timur laut Ubud di Bali. Danau itu berada di dalam kaldera gunung berapi aktif, Gunung Batur, terletak di sepanjang, aktivitas vulkanis Cincin Api Pasifik.

Nama “Batur” merujuk pada nama sebuah gunung yang ada di dekat danau ini, Gunung Batur namanya. Letak Danau Batur Kintamani berada di lereng Gunung Batur. Dan hal ini lah yang melatar-belakangi nama Danau di Kintamani ini. Danau Batur terletak di area tinggi, yaitu 1.050 mdpl dengan luas 16 km persegi dan kedalaman rata rata 50,8 km.

Danau ini juga merupakan sebuah danau kaldera aktif. Oleh karena itu, warna air di danau ini pun senantiasa mengalami perubahan. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan melerang. Dan hal inilah yang menyebabkan panorama Danau Batur sangat cantik dan banyak dikagumi oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik ataupun wisatawan asing.

UNESCO pun mengakui keindahan alam dari Danau Batur ini. Mereka pun telah menetapkan Danau Batur sebagai kawasan Global Geopark Network. Selain itu, tempat ini pun bakal memberikan kepuasan bagi traveler yang hobi fotografi. Dan yang paling juara adalah pada saat berburu foto pemandangan sunset ataupun sunrise. Cantik banget deh, rugi kalau sampai tidak bisa mendapatkan foto pemandangan matahari terbenam dan terbit di Danau Batur.

Sembari menikmati keindahan alam Danau Batur Kintamani, para wisatawan juga bisa bersantai di Batur Natural Hot Spring atau Sumber Air Panas Batur. Untuk bisa berendam di sumber air panas tersebut, wisatawanakan dikenakan tarif masuk sebesar 60 ribu rupiah per orang. Kalaupun enggan berenang, bisa pula bersantai di tempat ini, dengan tarif masih lebih murah yakni 15 ribu rupiah per orang.

Komentar kamu?